Emas Aman Dimakan? Ini Fakta Menarik Edible Gold

PrimaDaily – Pernahkah anda mencicipi sebuah makanan yang berlapiskan emas? Atau anda sudah pernah mendengar edible gold? Ada beberapa fakta menarik dari edible gold, si logam mulia yang aman dicampur dalam makanan.

Sejauh ini ada beberapa restoran yang menampilkan menu kesan mewah dengan menambahkan edible gold sebagai hiasan hidangannya. Namun selain sebagai pemikat daya tarik, edible gold ternyata aman untuk kita konsumsi. Biasanya edible gold muncul pada hidangan es krim hingga minuman. Yuk langsung saja cek fakta menarik dari edible gold.

Edible gold merupakan emas murni yang aman sebagai bahan konsumsi. Melansir dari Detik, jenis emas ini tidak mengandung racun serta tidak terserap oleh tubuh manusia.

  • Jenis-jenis Edible Gold

Jenis emas ini bermacam-macam yakni berupa bubuk, lembaran, serta berupa pecahan-pecahan. Yang mana semuanya bisa untuk menghias makanan dan minuman sehingga tampilannya terkesan mewah.

Untuk pengaplikasian edible gold leaf biasanya chef langsung menempelkannya saja ke permukaan hidangan makanan/minuman. Sedangkan untuk edible gold flakes (berupa pecahan-pecahan), biasanya koki akan menggunakan pinset atau sejenisnya untuk menaruh emas ini pada permukaan makanan. Edible gold dust (berbentuk bubuk emas) biasanya menggunakan bantuan brush khusus untuk mengaplikasinnya.

  • Alasan Mengapa Emas Bisa Bercampur ke Makanan

Menurut salah seorang chef dari Electrolux, penikmat edible gold tidak bisa merasakan kenikmatan emas ini. Sebab emas ini tidak memiliki rasa sekaligus tak juga memiliki aroma. Namun edible gold ini bisa menjadi nilai tambah dari harga makanan/minuman dan terkesan sangat mewah.

  • Makanan yang Biasa Tercampur Edible Gold

Sebenarnya ada banyak makanan maupun minuman yang bisa menambahkan edible gold ke dalam resepnya. Tetapi salah satu yang paling umum adalah menu pastry Eropa. Pastry es krim dan aneka kue merupakan sajian yang sangat umum berhiaskan edible gold. Sehingga tampilannya tampak menawan meski harganya menjadi lebih fantastis.

Lihat Juga: Kuliner Paling Mahal di Dunia, Ada Kopi Luwak Seharga Rp 11 Juta

Sumber artikel: Primadaily.comEmas Aman Dimakan? Ini Fakta Menarik Edible Gold.

Add a Comment