Deadline Buat Stres? Atasi dengan Cara Berikut

deadline buat stres

PrimaBeritaDeadline memang terkadang bisa buat stres hingga frustasi. Oleh karena itu anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi hal tersebut. Karena jika sudah stres akan pekerjaan yang sangat banyak dengan waktu yang harus diselesaikan secepat mungkin, suasana hati bisa menjadi kacau.

Selain itu tuntutan deadline dengan tambahan tekanan dari atasan atau klien justru bisa meningkatkan tensi darah secara mendadak. Nah supaya deadline tidak menjadi mimpi buruk dan buat stres, anda harus memiliki strategi untuk menghadapinya. Berikut hal-hal yang bisa anda lakukan.

Tenangkan Pikiran

Otak lebih sulit berpikir jernih saat situasi sedang panik berlebihan. Nah bila lingkungan kerja anda telah memberikan tekanan dalam mengejar deadline maka segera tenangkan pikiran. Setidaknya hal yang dapat anda lakukan yaitu meditasi minimal dua menit dengan mengatur nafas, melemaskan tubuh, serta mengosongkan pikiran. Sesudah merasa tenang dan ternetralisir maka anda bisa menentukan langkah selanjutnya dalam merampungkan pekerjaan.

Fokus Pada Satu Tugas

Tekanan deadline boleh jadi membuat anda panik sekaligus overthinking. Pikiran pun bisa melayang-layang ke berbagai arah. Sehingga tugas yang sudah menumpuk kian menambah stres. Maka untuk keluar dari situasi tersebut, segeralah ambil nafas yang panjang lalu pulihkan fokus pikiran anda. Tujukan pada satu tugas yang benar-benar sangat mendesak dan paling utama saat ini.

Buat Daftar Prioritas

Jangan lupa membuat daftar prioritas saat sedang banyak-banyaknya tugas yang harus anda bereskan. Maksudnya, dahulukan dulu tugas yang paling krusial.

Jangan Menunda Tugas

Lebih sering menunda tugas atau pekerjaan maka itu sama saja dengan menyetel bom waktu. Ketika waktu telah mepet, bom tersebut dapat meledakkan hidup anda. Sehingga sekalipun anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk merampungkan suatu pekerjaan, tak ada salahnya untuk menyicil sedikit demi sedikit. Sebab lebih baik pada saat harinya telah tiba anda menjadi lega dan santai.

Elaborasi Tugas

Melihat tugas/pekerjaan secara keseluruhan bisa jadi menimbulkan kebingungan. Untuk itu lebih baik buat rincian anda step by step terkait apa yang harus anda kerjakan. Lakukan pengurutan proses kerja mulai dari yang paling memudahkan. Cara ini mampu mengurangi stres maupun frustasi.

Add a Comment