Cegah Narkoba, BNN Sumut Gandeng Pemko Medan Gelar Pencanangan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Polonia

PrimaBerita – Dalam rangka mencegah, menekan laju dan meminimalisir peredaran Narkotika di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan.

Maka Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara atau BNNP Sumut telah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba atau Bersinar di Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia.

Hal ini dikatakan Kepala BNNP Sumut, Brigjen. Pol. Atrial saat Pencanangan Kelurahan Bersinar dan melantik Satgas Anti Narkoba di Jalan Balai Desa, Kelurahan Polonia, Kamis (12/11/2020).

Menurut Brigjen Pol Atrial bahwa dengan adanya pencanangan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Polonia tersebut maka diharapkan dapat meminimalisir angka peredaran narkoba di wilayah setempat secara khusus, dan wilayah Kota Medan umumnya.

“Ini merupakan tugas, dan tanggungjawab kita bersama dalam memberantas narkoba. Saya berharap pencanangan kelurahan bersinar ini dapat menjadi salah satu langkah efektif dalam memberantas narkoba di Kota Medan, ” tegas Atrial.

Atrial mengemukakan, hasil penelitian terakhir, menyebutkan Sumatera Utara merupakan Provinsi dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia.

Atrial berharap, pencanangan kelurahan bersinar ini bisa dilakukan di kawasan-kawasan yang dinilai rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Selanjutnya, Atrial menyebutkan dalam acara tersebut, diisi dengan donor darah, dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin sebanyak 500 paket sembako yang langsung diserahkan Ketua Persaudaraan Islam Tionghoa (PITI) Sumut Edi Sukarno.

Pencanangan Kelurahan Polonia Bersinar ini juga ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara, Brigjen. Pol. Atrial.

“Tidak hanya pencanangan Kelurahan Bersinar saja, tapi ada kegiatan donor darah dan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat,” tambah Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumut, Adlin Mukhtar Tambunan.

Sementara itu, Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Sulaiman Harahap, SH., MSP menghadiri Pencanangan Kelurahan Polonia Bersih Narkoba (Bersinar).

Dalam pencanangan ini, pihak BNN Provinsi Sumut juga melantik para Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba di kelurahan Polonia.

Pelantikan ini ditandai dengan memakaikan rompi kepada Satgas yang dilantik. Selain itu, dalam naskah pelantikan itu, ujar Sulaiman.

Kakesbangpol Medan menyampaikan harapannya agar satgas bisa menjalankan tugas dan memenuhi tanggung jawab yang diemban.

Diharapkannya pula, Satgas dapat menjadi teladan bagi lingkungannya untuk Hidup 100 persen sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba.

Dalam kegiatan ini juga ada peresmian Posko Anti Narkoba itu, atas nama Pemko Medan, Sulaiman menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan menyambut baik pencanangan Kelurahan Polonia Bersinar.

Pencanangan Kelurahan Bersinar ini, lanjutnya, merupakan usaha yang strategis dalam upaya mengurangi dan menghilangkan titik rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Medan.

Sulaiman menyampaikan pencanangan ini tentunya akan ditindaklanjuti dengan berbagai aksi lain sehingga Kelurahan Polonia ini benar-benar bersih dari Narkoba

“Kepling, Lurah maupun Camat diharapkan senantiasa berkoordinasi dengan BNN Sumut agar program Bersinar ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Hadir dalam acara, Forkopimda Medan, Dansat Pom AU Mayor Pom M. Rizal Cahyadi, Pengurus PITI Sumut, GM PLN I Sumbagut, dan para undangan lainnya. (Edi S)

Add a Comment