Bukan Karena Belum Siap, Ini Bisa Jadi Alasan Seseorang Menunda Pernikahan

alasan menunda pernikahan

PrimaBerita – Sebenarnya ada begitu banyak alasan seseorang untuk menunda pernikahan. Pasalnya tak selamanya pernikahan tertunda hanya karena mental belum siap membina rumah tangga. Bisa jadi karena memang belum mendapatkan jodoh yang pas. Atau justru karena sedang meniti karir.

Namun tak bisa dipungkiri pula setelah menapaki jenjang pacaran dan saling mengenal satu sama lain, pernikahan dapat menjadi labuhan paling tinggi dari sebuah hubungan asmara. Tetapi bukan berarti pula lamanya suatu hubungan pacaran membuat seseorang tidak ingin menunda waktu pernikahan. Ada saja sebagian orang yang masih ingin menunda rencana pernikahannya karena sesuatu hal. Penasaran apa saja kira-kira alasannya?

Belum Memiliki Pekerjaan

Alasan seseorang menunda pernikahan bisa karena orang tersebut belum memiliki pekerjaan. Hal ini karena setelah menikah nantinya harus memiliki tanggungjawab dalam membiayai kebutuhan rumah tangga. Meski ada anggapan bahwa rezeki sudah ada yang mengatur akan tetapi setidaknya seseorang harus melalui usaha terlebih dahulu. Jadi ini merupakan salah satu alasan yang sangat umum.

Ada Target yang Belum Tercapai

Setiap orang pasti mempunyai target dalam hidup. Entah itu berupa janji kepada orang tua maupun pencapaian diri sendiri. Mungkin seseorang belum siap untuk menikah karena masih belum mapan.

Sikap Masih Kekanak-kanakan

Usia bukan menjadi patokan seseorang dewasa dalam menghadapi segala hal. Maka untuk itu sebelum menikah cobalah untuk memantaskan diri terlebih dulu. Apakah anda sudah cocok sebagai kepala keluarga atau menjadi istri dan ibu yang baik?

Belum Akrab dengan Keluarga Pasangan

Alasan lainnya bisa jadi karena masih merasa belum akrab dengan keluarga pasangan, termasuk calon mertua. Mungkin seseorang belum pernah bermain ke rumah calon mertuanya atau setidaknya tidak pernah berkontak dengan saudara-saudara sang calon istri.

Ingin Menyelesaikan Kuliah

Ini bisa menjadi faktor seseorang menunda pernikahan. Karena tak sedikit pula orang yang mengambil keputusan menikah sewaktu masih kuliah. Bahkan ada juga yang rela berhenti kuliah demi membina sebuah rumah tangga dengan kekasihnya.

Belum Siap Secara Mental

Mental memang sangat dibutuhkan untuk mulai membangun bahtera rumah tangga. Karena nantinya akan banyak cobaan yang bisa menerpa anda dan pasangan. Bahkan bisa juga cobaan yang menguji ikatan tali pernikahan. Sehingga siapkan mental anda semaksimal mungkin untuk menghadapi apapun yang akan terjadi nantinya setelah menikah.

Add a Comment