Banpres Produktif UMKM Masih Buka, Buruan Daftar Demi Rp 2,4 Juta

banpres produktif umkm

PrimaBerita – Banpres (Bantuan Presiden) produktif sebesar Rp 2,4 juta untuk UMKM masih terus diberikan kepada para pelaku usaha. Hal ini demi pelaku UMKM dapat menjalankan usahanya pada masa pandemi covid-19. Sebab akibat wabah pandemi virus corona, roda perekonomian memang cukup terpuruk.

Adapun bantuan tersebut hanya kepada pelaku usaha yang sama sekali belum pernah menerima kredit usaha rakyat atau KUR maupun pelaku yang sedang melakukan peminjaman uang dari bank.

Presiden menegaskan bahwa pelaku usaha yang sudah berhasil menerima bantuan tidak perlu membayar ataupun mencicil uang tersebut. Jadi banpres itu merupakan bentuk bantuan gratis demi membantu para pelaku UMKM.

Baca Juga: Syarat Penerima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mencairkan

Pada periode kali ini, pemerintah masih membuka kesempatan hingga bulan desember mendatang. Sebanyak 2,9 juta slot tersisa dari target ketetapan 3 juta penerima masih berlaku bagi calon pendaftar. Sebagai syarat untuk mendapat bantuan, pelaku usaha mikro harus merupakan warga negara Indonesia dan memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Kemudian calon pendaftar juga bukan oknum ASN, TNI-Polri, serta bukan pegawai BUMN. Calon penerima bantuan juga tidak sedang menerima kredit atau perbankan dan KUR.

Jika calon pendaftar banpres produktif UMKM memiliki alamat usaha domisili yang berbeda dengan yang tertera dalam KTP, pendaftar harus melampirkan surat keterangan usaha atau SKU. Nantinya sesudah memenuhi sejumlah persyataran tersebut, pelaku usaha mikro dapat mendatangi salah satu kantor lembaga pengusul. Seperti kementerian atau lembaga, kantor dinas yang membidangi koperasi serta UKM, koperasi yang berbadan hukum, perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kendati demikian para calon pendaftar bantuan perlu mengingat bahwa program BLT UMKM senilai Rp 2,4 juta ini tidak terbuka dengan sistem pendaftaran online. Sehingga masyarakat mesti waspada dan tak lantas terkecoh oleh situs yang tak bertanggungjawab. Maupun unggahan dalam media sosial yang menyebutkan link pendaftaran secara online.

Baca Juga: Syarat Dapat bantuan 600.000 Dari Jokowi

Add a Comment