7 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

PrimaDaily – Bahan dapur yang satu ini, baking soda memiliki manfaat untuk kecantikan. Soda kue dapat anda gunakan untuk memperindah tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Namun untuk perawatan wajah, anda perlu mencampurkan bahan lain untuk menyeimbangkan pH soda kue dengan kulit wajah.

Kandungan pH kulit sekitar 5,5 dan soda kue memiliki pH sebanyak 9 yang terlalu basa, terutama jika anda larutkan dengan air yang secara langsung dapat merusak keseimbangan pH kulit. Oleh karena itu, pastikan tidak langsung mengenakan soda kue dengan campuran air saja agar tidak menyebabkan iritasi.

Berikut 7 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Baking soda adalah obat yang sangat ampuh untuk jerawat dan komedo. Anda bisa menggunakan untuk exfoliant ringan yang membantu mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah. Baking soda juga memiliki sifat antibakteri yang mencegah munculnya jerawat.

Caranya, campur 1 sdt soda kue dan 1 sdt air sampai menjadi pasta yang halus. Pijatkan pasta ke hidung dan area lain yang terkena jerawat, komedo, atau komedo putih. Biarkan selama sekitar 2-3 menit dan bilas pasta dengan air hangat. Bilas wajah untuk kedua kalinya dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Mengecilkan pori-pori

Baking soda adalah zat yang membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengecilkannya. Perawatan ini juga mencegah timbulnya jerawat dengan menjaga pori-pori tetap bersih dan tertutup rapat.

Caranya, encerkan soda kue dengan secangkir air lalu gunakan untuk membasuh wajah. Lanjutkan melembabkan wajah dengan produk nonkomedogenik atau krim pelembap.

3. Memudarkan bekas luka

Baking soda dicampur dengan jus lemon memiliki khasiat pemutih yang membantu mencerahkan dan memudarkan bekas luka. Ini juga membantu mencapai warna kulit yang merata dengan menyingkirkan sel kulit mati.

Caranya, campur 1 sdt soda kue dengan 1 sdt jus lemon sampai menjadi pasta yang halus. Pijatkan pasta ke area yang terkena bekas jerawat, bintik hitam, dan pigmentasi. Biarkan selama sekitar 1-2 menit dan bilas pasta dengan air hangat.

4. Mencerahkan bibir yang gelap

Dengan mencampurkan baking soda dengan madu, anda dapat menggunakannya untuk mencerahkan bibir yang gelap. Madu dan soda kue membantu menghilangkan sel kulit mati dari bibir. Baking soda juga membantu untuk mencerahkan warna bibir secara alami.

Caranya, campurkan madu dan soda kue sampai menjadi pasta yang halus. Oleskan campuran ini ke bibir dan biarkan selama sekitar 2 menit. Dengan menggunakan ujung jari, gosok lembut campuran tersebut di bibir sampai mengelupas.

5. Memutihkan gigi

Baking soda adalah bahan abrasif ringan yang membantu menghilangkan noda dari permukaan gigi, membuatnya tampak lebih putih. Campur baking soda dengan beberapa tetes air sampai menjadi pasta yang kental. Ambil campuran tersebut dengan sikat gigi dan mulailah menyikat gigi.

Jangan menyikat gigi ke samping karena dapat menyebabkan abrasif. Sebaliknya, sapukan dengan lembut menggunakan gerakan ke atas dan ke bawah dan melingkar. Bilas sikat gigi dan mulut dengan air bersih.

6. Merawat kesehatan rambut

Baking soda dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut dengan mengurangi kerontokan pada rambut. Campurkan soda kue dengan air mendidih dan biarkan larutan menjadi dingin. Kemudian oleskan pada rambut, kemudian bilas dengan air bersih.

Baking soda membantu membersihkan rambut dengan lembut tanpa bahan kimia keras yang terkandung dalam shampo. Baking soda juga dapat menebalkan rambut tanpa mengilangkan minyak alami pada rambut. Metode ini juga membantu mengurangi kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Siapkan 3 gelas air, 1 cangkir baking soda dan 20 tetes minyak jarak. Campurkan semua bahan, kemudian gunakan untuk mencuci rambut, sambil pijat kepala dengan halus. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Menghilangkan bau badan

Baking soda membantu menyerap kelembapan berlebih dari tubuh saat berkeringat. Baking soda juga berperan sebagai deodoran alami sekaligus membunuh bakteri dan alkalizing tubuh, sehingga tidak mengeluarkan banyak keringat.

Siapkan 1 sdm soda kue dan 1 sdm jus lemon. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai mendapatkan pasta yang halus. Oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian lanjutkan untuk mandi di kamar mandi.

Sumber artikel: Primadaily.com7 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan.

Add a Comment