5 Penyebab Payudara Wanita Menjadi Kendur

Penyebab Payudara Kendur

PrimaBerita – Beberapa wanita ingin memiliki payudara yang indah dan kencang, namun ada beberapa penyebab payudara wanita bisa menjadi kendur. Tidak sedikit wanita yang menganggap payudara kendur adalah mimpi buruk.

Payudara terbentuk dari jaringan lemak. DalamĀ  jaringan lemak tersebut, terdapat kelenjar-kelenjar yang bertanggung jawab untuk memproduksi ASI ketika anda memiliki bayi.

Selain itu, payudara juga memiliki sekumpulan ligamen, yaitu semacam tali-temali yang memberikan bentuk pada payudara dan menopang payudara pada otot dada.

Berikut 5 Penyebab Payudara Wanita Menjadi Kendur

1. Penuaan

Ligamen yang menopang payudara anda bisa mengendur seiring bertambahnya usia. Saat mengalami penuaan, kadar hormon reproduksi anda pun akan berubah, khususnya hormon estrogen.

Jumlah estrogen yang berkurang ini bisa menyebabkan kulit dan jaringan pada sekitar payudara tidak terhidrasi dengan baik sehingga menjadi kurang elastis dan akhirnya kehilangan kekencangannya secara alami.

2. Perubahan ukuran payudara

Walau ligamen menopang, kulit pada sekitar payudara rentan sekali mengalami peregangan sehingga jadi terlihat kendur. Hal ini bisa terjadi ketika ukuran payudara anda berubah akibat perubahan jumlah lemak dalamnya.

Penyebabnya bisa berbagai hal antara lain diet dan kehamilan. Namun, biasanya penyebab payudara kendur adalah kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis.

3. Faktor keturunan

Faktor genetik berperan cukup besar dalam menentukan bentuk, ukuran, hingga kekuatan ligamen pada payudara. Jadi, payudara kendur juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Jika ibumu atau anggota keluarga lainnya memiliki payudara yang kendur, kemungkinan kamu memiliki payudara yang kendur juga akan lebih besar.

4. Gaya gravitasi

Gaya gravitasi membuat payudara tertarik ke arah bawah. Semakin kuat gaya gravitasi, semakin meregang pula ligamen yang menopang payudara. Hal ini dipengaruhi oleh ukuran payudara dan postur tubuh.

Payudara yang besar lebih mudah tertarik ke bawah, sehingga lebih mudah juga mengendur. Selain itu, postur tubuh yang membungkuk juga dapat menguatkan gaya gravitasi untuk menarik payudara ke bawah.

5. Kebiasaan merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan payudara. Faktanya, merokok mampu menyebabkan kulit payudara kehilangan elastisitasnya. Jadi, jangan heran bila wanita perokok lebih berisiko memiliki payudara yang kendur, meskipun ia masih muda.

Agar payudara selalu kencang dan padat, penting bagi anda untuk selalu menjaga berat badan dengan baik, tidak merokok, menggunakan bra yang tepat sesuai ukuran payudara, mengonsumsi makanan sehat, menjaga postur tubuh yang tegap, dan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari.

Add a Comment