5 Kebiasaan Ini Tanpa Anda Sadari Bisa Bikin Gemuk

PrimaBerita – Ternyata bukan hanya makan berlebihan dan malas berolahraga yang bisa membuat anda gemuk. Pasalnya ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa anda sadari bisa bikin gemuk.

Berdasarkan berbagai riset, sejumlah kebiasaan sehari-hari seperti kurang tidur atau sering menyalakan AC bisa membuat anda gemuk.

Berikut 5 Kebiasaan Tanpa Anda Sadari Bisa Bikin Gemuk

1. Menyalakan Air Conditioner (AC)

Mengutip dari My Health News Daily, saat tinggal terus menerus pada suhu yang nyaman, tubuh tidak perlu bekerja untuk mendinginkan atau menghangatkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang terbit pada International Journal of Obesity, daerah Selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas yang paling tinggi antara negara bagian Amerika lainnya.

Dengan rata-rata rumah menggunakan AC. Setiap tahunnya, permintaan akan AC rumah meningkat dari 37% hingga 79% tiap tahunnya.

2. Kurang Tidur

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Archives of Disease in Childhood. Saat seseorang tidak cukup istirahat, bisa memengaruhi pembentukan glukosa yang berujung pada munculnya penyakit diabetes.

Kemudian, saat kurang tidur bisa menambah rasa lapar. Selain itu juga membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari sehingga aktivitas fisik pun berkurang. Kurangnya olahraga dan ketidakaktifan fisik bisa memicu berat badan naik lebih cepat.

3. Menyalakan Lampu Saat Tidur

Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur bisa menambah beberapa inci lingkar pinggang Anda. Tidur dengan lampu kamar tetap menyala akan membuat Anda sering terbangun. Terbangun pada malam hari, berpotensi membuat Anda lapar dan mengudap makanan yang ada dalam kulkas atau dapur.

4. Terpapar Polusi

Menurut hasil studi Critical Reviews in Food Science and Nutrition, polusi bisa memengaruhi metabolisme tubuh. Zat-zat berbahaya seperti endocrine (zat kimia yang terdapat pada plastik) dan sisa pembakaran sampah yang terdapat dalam tubuh manusia, sering dihubungkan dengan obesitas.

Begitu juga dengan zat yang terdapat dalam pestisida. Zat-zat ini mengganggu sistem kerja dan menghambat metabolisme.

5. Kumpul Bersama Teman yang Suka Makan

Mengutip dari That’s Fit, para peneliti dari Duke University menemukan bahwa pola makan seseorang berpengaruh ke suatu kelompok atau teman-temannya.

Bila berkumpul dengan kelompok teman yang doyan makanan berlemak atau manis, secara tidak sadar anda akan mengikuti cara makan mereka. Mungkin bagi yang badannya kecil, makan banyak bukanlah masalah. Tapi untuk yang mudah gemuk, mengikuti pola makan temannya yang kurus dan rakus akan membuat berat badannya bertambah dengan cepat.

Itulah lima kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat gemuk. Jadi mulai sekarang coba ubah secara bertahap kebiasaan-kebiasaan ini ya jika ingin memiliki tubuh ideal.

Add a Comment