Yuk Memasak Gulai Ikan Tongkol Untuk Menu Bersantap Keluarga!

PrimaDaily – Gulai ikan tongkol merupakan sebuah hidangan olahan ikan tongkol yang berbalut bumbu seperti santan, serai, kunyit, jeruk nipis, cabai, bawang, dan lain sebagainya. Rasanya tentu nikmat begitu juga dengan daging ikan yang juga sangat lembut dan nikmat. Selain itu ikan ini juga mudah didapatkan karena banyak dijual di pasar. Terlebih dalam pasar-pasar tradisional.

Ikan tongkol sendiri merupakan salah satu ikan laut yang berasal dari suku scombridae dan paling sering sebagai tangkapan para nelayan. Untuk kegiatan perniagaan ikan tongkol, ikan ini sudah terbentuk ke dalam bentuk ikan segar, ikan beku, dan kadang-kadang berbentuk ikan kaleng. Sementara itu dalam perdagangan internasional, ikan ini juga disebut dengan kawakawa, mackerel tuna, ataupun little tuna.

Tongkol juga bisa kita olah dalam bentuk sajian, seperti ikan goreng dan gulai. Nah untuk mengolah ikan tongkol sebagai santapan lezat sangatlah mudah. Berikut langkah serta resep yang boleh anda terapkan.

Sediakan Bahan-bahan

Anda perlu menyediakan bahan-bahan seperti:

  1. Ikan tongkol segar – 400 gr
  2. Cabai rawit – 8 buah (potong-potong serong)
  3. Jeruk nipis – 1 buah (untuk menghilangkan bau amis ikan tongkol, siramkan jeruk nipis dan biarkan selama sekitar 10 menit)
  4. Daun jeruk – 2 lembar
  5. Santan kelapa – 400 ml
  6. Serai – 1 batang (geprek)
  7. Daun kunyit – 1 lembar (ikat simpul)
  8. Kaldu secukupnya
  9. Garam seperlunya
  10. Daun salam seperlunya

Sebagai bumbu halus, perlu anda sediakan bahan-bahan sebagai berikut.

  1. Kunyit – 2 buah
  2. Kemiri – 3 buah
  3. Bawang putih – 4 siung
  4. Cabai rawit – 5 butir
  5. Bawang merah – 7 siung

Langkah Memasak Gulai Ikan Tongkol

  • Tumislah semua bumbu halus hingga beraroma wangi setelah itu tambahkan serai, daun salam, serta daun kunyit. Aduk-aduk semuanya sampai mewangi.
  • Kemudian tambahkan santan kelapa. Susul dengan ikan tongkol. Koreksi rasa setelah menambahkan garam dan juga kaldu. Yang terakhir taburkan cabai rawit.
  • Masaklah semuanya hingga mendidih dan tunggu hingga matang. Jika sudah terlihat matang maka angkat gulai ikan tongkol anda. Gulai ikan tongkol siap anda sajikan.

Sajian gulai ikan segar ini sangat cocok anda sajikan sebagai menu makan malam maupun makan siang bersama keluarga tercinta. Anda bisa menyajikan ikan gulai ini bersama dengan nasi hangat beserta hidangan lainnya. Selamat mencoba!

Sumber artikel: Primadaily.comYuk Memasak Gulai Ikan Tongkol Untuk Menu Bersantap Keluarga!.

Add a Comment