Trik Membersihkan Sisa Sablon Baju yang Mengelupas

PrimaDaily – Membersihkan sisa sablon baju yang mengelupas harus kita lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak pakaian itu sendiri. Namun meski demikian caranya bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana pula, yakni bisa hanya dengan memanfaatkan setrikaan saja.

Pasalnya sebagian orang terlihat masih selalu memakai pakaian yang itu-itu saja meski sudah buruk ataupun sudah lama. Bahkan sablonan baju tersebut justru sudah terkelupas namun kita masih senang memakainya. Nah jika anda berniat ingin menghilangkan sisa sablon baju yang mengelupas agar terlihat lebih rapi, begini tips mudah untuk melakukannya.

Gunakan Setrika

Anda bisa menggunakan setrika bila baju anda menggunakan jenis sablon polyflex. Karena sablon jenis ini lebih tipis dan bersifat lentur. Untuk mengaplikasikannya pun tergolong gampang.

  • Panaskan setrika kira-kira 3 – 5 menit lalu letakkan kain pada bagian atas baju yang hendak anda hilangkan bekas sablonannya.
  • Kemudian tempelkanlah setrikaan anda pada kain tersebut selama 5 – 7 detik. Kemudian angkat setrikaan lalu olesi dengan aseton pada sablon baju tersebut. Tunggu sampai sablon mengerut. Jika sudah, usaplah dan bersihkan sisanya. Cuci baju seperti biasanya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Gunakan Aseton atau Alkohol

Alkohol atau aseton bisa anda manfaatkan untuk membersihkan sisa sablon baju yang sudah rusak atau mengganggu. Untuk caranya sendiri yaitu pertama dengan memanaskan setrika, lalu letakkan baju bersablon menghadap ke atas lalu alasi dengan kain kering pada bagian bawahnya. Olesi sablon dengan alkohol kemudian tutup dengan kain. Tempelkan setrikaan selama beberapa detik. Setelah itu angkat kain beserta kain penutupnya. Bersihkan sisa sablon tersebut.

Manfaatkan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian juga bisa anda manfaatkan untuk membersihkan sisa sablon baju atau kaos DTG atau sabon foil. Namun dalam hal ini hanya pakaian yang berwarna putih saja yang dapat anda gunakan. Selain itu ada baiknya membersihkan sisa sablon dengan baju berbahan tebal. Berikut langkahnya.

  • Masukkanlah air panas ke dalam ember dan tambahkan deterjen serta pemutih pakaian 100 ml. Aduk campuran ini sampai larut merata.
  • Kemudian oleskan juga pemutih terhadap pakaian yang hendak anda hapus sisa sablonannya. Rendam baju selama lima menit serta kucek pelan-pelan. Ulangi langkah ini 3 sampai 4 kali atau sampai sisa sablonan benar-benar bersih sesuai dengan yang anda harapkan. Bilaslah baju tersebut.

Sumber artikel: Primadaily.comTrik Membersihkan Sisa Sablon Baju yang Mengelupas.

Add a Comment