Tips Memilih Kunci Sepeda yang Baik

PrimaDaily – Masa pandemi menjadikan semakin meningkatnya pesepeda. Untuk itu agar sepeda anda aman, lakukan beberapa tips memilih kunci sepeda yang baik ini. Pemilihan kunci sepeda yang baik sangatlah anda perlukan, apalagi harga sepeda kini semakin mahal.

Berikut Tips Memilih Kunci Sepeda yang Baik

Pertimbangan sebelum Membeli Kunci Sepeda

1. Ukuran Kunci Sepeda

Kunci sepeda mempunyai panjang, ukuran, dan bentuk yang berbeda. Usahakan untuk tidak memilih ukuran kunci sepeda yang tidak sesuai dengan sepeda yang anda miliki.

Pengguna sepeda biasanya mengunci sepeda pada, pagar, bangku, atau pohon. Benda-benda tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Akan lebih baik jika kunci sepeda yang anda beli dapat melingkari benda-benda tersebut.

2. Tingkat Keamanan

Sebuah lembaga riset keamanan independen asal Inggris Sold Secure melakukan uji coba kualitas dan keamanan dari para produsen gembok sepeda.

Mereka membagi tingkat keamanan kunci sepeda dalam tiga kategori: emas, perak, perunggu.

Emas menandakan keamanan maksimal yang sangat baik, perak keamanan menengah, dan perunggu rendah.

Pembagian kategori ini, berdasarkan pada:

Posisi lubang kunci yang berada di tengah lebih sulit untuk dibobol
Jumlah baut pada gembok, kunci sepeda tipe U yang bagus memiliki dua baut mati. Pencuri akan lebih sulit membobol dua baut mati ketimbang satu baut

Ketebalan dan material bahan gembok, kunci sepeda yang baik terbuat dari material baja dengan minimal ketebalan tertentu. Kunci rantai baja yang baik, harus memiliki ketebalan kurang lebih 15 milimeter.

Sold secure menempatkan gembok tipe U dan rantai dalam kategori emas karena kedua jenis gembok ini menggunakan material baja tebal.

Setelah mengetahui sedikit hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli kunci sepeda.

Jenis Gembok Sepeda

Setiap jenis gembok sepeda memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

1. Tipe Kunci U

Kunci sepeda tipe U biasanya terbuat dari material logam tebal sehingga memiliki daya tahan yang baik. Sementara, kekurangan tipe kunci U ada pada bentuknya yang agak besar dan sedikit berat jika anda menyimpannya di dalam tas.

Jika Anda membeli kunci U berukuran kecil, memang lebih ringkas dibawa tapi tidak dapat mengunci ke pohon atau tiang berdiameter besar.

Dalam memilih kunci U, Anda bisa memilih kunci dengan lapisan berbahan silikon agar cat sepeda tidak tergores.

2. Tipe Rantai

Kunci rantai juga kuat karena terbuat dari material logam yang tebal. Kunci rantai sifatnya lebih fleksibel, membuat tas Anda lebih hemat ruang.

Tipe kunci rantai memiliki panjang dan bobot yang berbeda-beda. Umumnya, panjang rantai berkisar 120 cm hingga 150 cm, dengan berat bobot ratusan gram hingga lebih dari 1 kilogram.

Anda harus memperhatikan berat kunci rantai Anda, sesuaikan dengan kemampuan Anda membawanya.

3. Tipe Kabel

Kunci sepeda tipe kabel adalah yang paling praktis, ringan, mudah dibawa ke mana saja, namun tingkat keamanannya rendah.

Jenis kunci ini mudah dipotong menggunakan gunting baja. Meski begitu, Anda bisa mengombinasikan dengan tipe kunci lain agar sepeda Anda lebih aman.

Beberapa merk yang menjual jenis kunci ini sudah menyediakan kunci yang dilengkapi dengan alarm.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Memilih Kunci Sepeda yang Baik.

Add a Comment