Tips Membuat Kering Kentang Agar Hasilnya Gurih

PrimaDaily – Tips membuat kering kentang perlu memperhatikan beberapa hal agar hasilnya gurih untuk disantap. Pasalnya kering kentang sering disajikan sebagai campuran lauk. Sementara itu anda juga tak perlu membeli kering kentang karena sebenarnya bisa anda buat sendiri. Berikut tips membuat kering kentang.

Tips Membuat Kering Kentang Renyah

Pilih Kentang yang Segar

Untuk mendapatkan kering kentang yang renyah dan enak sebaiknya pilih kentang yang masih segar. Ciri-ciri kentang yang masih segar yaitu permukaannya halus dan keras. Itulah yang membuat kentang cocok sebagai olahan kering kentang.

Iris dengan Ukuran yang Sama

Setelah membersihkan kentang irislah dengan ukuran yang sama rata, caranya yaitu dengan bantuan alat pengiris kentang. Anda bisa mengiris kentang seperti ukuran korek api. Ini bisa membuat kentang iris matang secara rata saat anda goreng.

LIHAT JUGA: Ngemil Sehat: Resep Olahan Kentang

Kemudian Rendam dengan Air Kapur Sirih

Air kapur sirih bisa membantu kentang agar bertekstur lebih renyah. Jadi rendamlah irisan kentang tadi dengan air kapur sirih yang anda taruh ke dalam sebuah wadah. Gunakan 1 sdm kapur sirih lalu rendam selama setengah jam. Sesudah itu bilaslah kentang menggunakan air bersih. Sisihkan.

Goreng Kentang dengan Minyak yang Banyak

Goreng kentang sampai kering ke dalam wajan berisi minyak goreng yang menggenangi hampir seluruh wajan. Atau gorenglah kentang dengan metode deep frying. Usahakan kentang anda matang secara merata. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan yaitu jangan telalu sering mengaduk-aduk kentang saat dalam penggorengan.

Buatlah Bumbu dengan Cara yang Tepat

Bumbui kentang anda dengan cara yang tepat. Untuk membuat kering kentang yang renyah dan tahan lama sebaiknya jangan gunakan bumbu yang terlampau halus. Karena bumbu yang terlampau halus akan mudah menggumpal sehingga dapat pula membuat tekstur kentang menjadi lembek. Selain itu pastikan pula bumbu mendidih dengan baik dan mengental supaya kentang tidak melempem dan berminyak. Kemudian barulah anda masukkan kering kentang tersebut.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Membuat Kering Kentang Agar Hasilnya Gurih.

Add a Comment