Tips Membeli Buah Alpukat Matang dan Segar

PrimaDaily – Saat membeli buah alpukat anda memerlukan tips supaya terhindar dari kebusukan maupun buah yang belum siap konsumsi alias buah alpukat yang belum matang. Jika itu terjadi mungkin akan mengakibatkan kekecewaan lantaran uang yang anda keluarkan untuk membeli buah alpukat rasanya menjadi sia-sia.

Pun begitu tips memilih saat membeli buah alpukat juga terbilang susah-susah gampang karena tingkat kematangan yang terkadang sulit kita tebak. Namun hal berikut ini bisa simak untuk membantu anda dalam memilih buah alpukat.

Cek Batang Alpukat

Batang alpukat perlu anda cek untuk mengetahui buah alpukat yang baik agar anda tidak salah dalam memilih buah alpukat untuk dikonsumsi. Anda mungkin bisa menarik sedikit batang yang ada pada ujung buah alpukat lalu lihat bagaimana warnanya. Ciri alpukat matang dan siap konsumsi adalah memiliki batang yang berwarna hijau tua. Jika anda menemukan warna cokelat pada batang alpukat maka itu tandanya buah alpukat sudah terlalu matang.

Lihat Warna Kulit Buah

Selain cara tersebut, anda juga bisa melihat dari warna kulit buah. Saat pergi ke supermarket atau ke pasar, perhatikan saja warna kulit buah apakah berwarna hija terang atau hijau tua. Atau bahkan justru berwarna agak kehitaman. Alpukat yang memiliki warna kulit hijau lebih terang biasanya alpukat tersebut masih belum mencapai tingkat kematangan. Sedangkan warna kulit hijau tua atau bahkan agak gelap maka buah tersebut sudah matang serta siap untuk anda konsumsi.

Meraba Tekstur Buah Alpukat

Tips membeli buah alpukat selanjutnya yaitu dengan meraba teksturnya. Coba raba-raba sejenak. Jika memiliki tekstur yang agak sedikit kasar itu artinya buah sudah dalam kondisi yang matang. Begitu sebaliknya.

Memeriksa Kelunakan

Anda juga bisa memeriksa kelunakan daging buahnya. Caranya yaitu dengan menggenggam buah kemudian tekan-tekan dengan lembut menggunakan telapak tangan. Namun jangan pula menekan daging buah dari luar menggunakan jemari karena akan dapat meninggalkan lekukan serta membuatnya lembek. Jika daging buah terasa lunak saat anda tekan maka itu artinya buah sudah siap konsumsi.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Membeli Buah Alpukat Matang dan Segar.

Add a Comment