Tipe Introvert Menurut Psikologi, Anda yang Mana?

PrimaDaily – Ternyata ada beberapa macam tipe introvert menurut ilmu psikologi. Kira-kira anda yang mana?

Berbicara soal introvert, sebagian besar orang akan berpikir bahwa kepribadian seperti ini adalah pemalu dan suka menyendiri. Bahkan kesannya terlebih seperti orang yang tak mampu bersosialisasi. Konsep introvert pertama kali dikemukakan oleh Carl Jung (1920). Jung menyebut bahwa seorang introvert membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi energi. Sementara tipikal ekstrovert adalah sebaliknya. Kendati demikian menurut KBBI, introvert merujuk pada orang yang tertutup.

Di samping itu, ada pula 4 tipe introvert menurut psikologi.

Tipe Introvert Terkendali

Restrained introvert atau introvert terkendali memiliki prinsip berpikir sebelum bertindak. Tipe yang satu ini memang masih cukup asing kedengarannya namun orang-orang seperti ini bisa muncul pada sekitar anda. Selain itu para introvert terkendali biasanya akan benci jika ada yang membuatnya panik dan terburu-buru. Sifat lainnya yaitu pendiam tetapi perhatian kepada orang lain. Mereka juga lebih suka membaca atau menonton.

Tipe Introvert Pemikir

Seperti namanya, introvert ini sering menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan segala hal. Introvert pemikir akan mengolah semua apa yang mereka lihat dan perdengarkan. Sehingga tak jarang pula orang-orang seperti ini suka melamun.

Tipe Introvert Sosial

Tipe kepribadian yang satu ini terlihat sekilas seperti ekstrovert karena mereka bersosialisasi dan juga ramah. Sehingga memiliki teman. Ini tentu berbeda dengan anggapan orang pada umumnya. Tapi sebenarnya tipe orang seperti ini merupakan orang yang selalu menyimpan hal pribadi untuknya sendiri. Bahkan tipe introvert sosial lebih tertutup dari tipe introvert lainnya.

Selain itu orang-orang yang masuk dalam kelompok ini agar berbeda saat berhadapan dengan orang banyak (keramaian). Dalam waktu yang lama keramaian bisa menguras energinya. Lalu ketika itu terjadi maka mereka akan perlahan menarik diri untuk aktivitas menyendiri.

Tipe Introvert Pencemas

Introvert pencemas atau anxious introvert merupakan sosok yang terlalu memikirkan setiap perkataan serta perbuatannya terhadap orang lain. Atau dengan kata lain tipe seperti ini kerap overthinking. Berdasarkan The Cut, tipe introvert yang terakhir ini pada umumnya tidak pandai bersosialisasi. Itu karena merasa tidak pede bahkan selalu cemas saat melakukannya.

Sumber artikel: Primadaily.comTipe Introvert Menurut Psikologi, Anda yang Mana?.

Add a Comment