Tahu Nggak? Ini 5 Kota Paling Bersih di Dunia

kota paling bersih di dunia

PrimaBerita – Sudah tahu belum? Setidaknya ada 5 kota paling bersih di dunia yang mampu membuat anda terkagum. Sebab udara segar dan bersih tentu menjadi dambaan setiap penduduk kota negara-negara dunia. Selain itu udara yang bersih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

Melansir dari World Atlas, berikut lima kota paling bersih di dunia versi Mercer.

Calgary (Kanada)

Kota Calgary merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Alberta, Kanada. Bahkan kota ini juga secara konsisten mendapat peringkat sebagai salah satu kota terbersih. Kota ini menduduki peringkat nomor 1 secara keseluruhan sebagai kota terbersih.

Untuk mencapai predikat kota terbersih, Calgary bahkan memberlakukan denda bagi individu yang menjatuhkan puntung rokok maupun membuang sampah secara sembaragan dari dalam mobil. Informasinya kota Calgary pada 2025 mendatang bermaksud untuk mengurangi limbah TPA hingga 70 persen.

Helsinki (Finlandia)

Warga Helsinki Finlandia berkomitmen dalam upaya pelestarian lingkungannya dan mencegah penduduk untuk membuang sampah sembarangan. Pemerintah setempat juga telah merancang sistem pemanas yang hemat energi meski tergolong rumit. Hal ini demi meminimalisir konsumsi listrik. Untuk menjadikan kota ini sebagai kota yang ramah lingkungan, mereka telah melakukan perbaikan yang signifikan.

Singapura

Singapura memiliki pedoman kebersihan yang ketat sehingga wilayahnya sangat bersih. Demi terciptanya lingkungan yang bersih, Singapura bahkan menagih orang yang meludah pada tempat-tempat umum dan juga mempunyai UU anti buang sampah sembarangan. Denda bagi pelanggar yakni sekitar SGD 300 untuk pelanggaran pertama. Jika aksi berulang maka denda bisa mencapai SGD 1.000.

Copenhagen (Denmark)

Salah satu kota terhijau secara global ada pada kota Copenhagen. Hal ini lantaran pemerintahnya telah berinvestasi dalam menjaga kualitas air serta menjaga polusi udara. Sehingga air sekitar pelabuhan terlihat sangat bersih. Selain itu kota ini juga menerapkan banyak aksi untuk mengurangi tindakan buang sampah sembarangan. Untuk tahun 2025 mendatang, pemerintah kota ini akan menjadikan kota yang netral karbon.

Honolulu (Hawaii)

Kota Honolulu memiliki sedikit industri pencemaran lingkungan. Menurut laporan Status Udara Asosiasi Paru-paru Amerika pada 2018 lalu menemukan bahwa Hawaii terus mempunyai kualitas udara paling baik. Sementara itu Mercer memposisikan peringkat Honolulu sebagai kota sanitasi nomor satu dunia.

Add a Comment