Sering Terbangun Tengah Malam? Ini Penyebabnya

PrimaDaily – Beberapa orang mungkin sering terbangun tengah malam. Bila terus anda biarkan itu bisa menimbulkan masalah karena terganggunya kualitas tidur.

Padahal, tidur cukup sangat penting untuk membantu memulihkan tubuh. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas bisa menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan dan mengganggu fungsi kognitif.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab terbangun tengah malam dan mencari solusinya.

Berikut kemungkinanan penyebab Sering Terbangun Tengah Malam

1. Menatap layar sebelum tidur dan kebisingan

Menurut keterangan dari National Sleep Foundation (NSF), menatap layar sebelum tidur dapat menyebabkan penurunan hormon melatonin dan jam tubuh yang terganggu. Kondisi tersebut bisa bikin kita sulit tidur dan terbangun tengah malam.

Selain itu, suara-suara yang berasal dari TV, HP, atau perangkat elektronik lainnya dapat menyebabkan seseorang terbangun dari tidur.

Untuk mengatasi masalah ini, NSF merekomendasikan untuk menghentikan penggunaan perangkat elektronik selama 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur. Ini akan memungkinkan otak untuk mulai tenang dan dapat mendorong untuk tetap tertidur.

2. Kecemasan

Menurut laman Mayo Clinic, sulit tidur adalah salah satu gejala paling umum dari gangguan kecemasan. Itu karena masalah kecemasan yang cukup parah bisa membangunkan anda, seperti detak jantung yang berdebar kencang atau mimpi buruk.

Untuk mengatasi kecemasan, perlu melibatkan kombinasi terapi perilaku kognitif dan obat-obatan, yang tentunya harus dengan pengawasan dokter.

3. Sleep apnea

Sleep apnea menyebabkan pernapasan dangkal, yang dapat membuat seseorang terbangun beberapa kali saat tidur malam, menurut laman Medical News Today.

Selain bangun tengah malam, sleep apnea juga d!sertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala pada pagi hari, terengah-engah pada malam hari, kelelahan pada siang hari, dan sulit konsentrasi.

Pengobatan sleep apnea tidak bisa anda lakukan sembarangan dan harus dengan bantuan perawatan medis.

4. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau terlalu jauh dengan waktu tidur

Makan terlalu banyak menjelang waktu tidur ternyata juga dapat menyebabkan masalah tidur. Melansir Self, salah satu alasannya adalah refluks asam, yaitu ketika asam lambung naik ke tenggorokan dan menyebabkan mulas yang menyakitkan pada malam hari.

Juga, jika anda makan makanan yang berpotensi menyebabkan sakit perut sesaat sebelum tidur, ini bisa menyebabkan anda terbangun pada tengah malam.

Tidur dengan perut kosong juga bisa menyebabkan terbangun tengah malam. Penyebabnya, perut keroncongan dan kram bisa membangunkanmu. Rasa lapar juga bisa mengacaukan gula darah saat tidur, terutama bagi individu dengan diabetes.

5. Kebelet pipis

Keinginan untuk kencing bisa membangunkan seseorang dari tidur. Ini mungkin bisa dicegah dengan mengurangi asupan cairan di malam hari, tapi sebagian lainnya mungkin mengalami masalah medis tertentu.

Melansir Medical News Today, beberapa faktor yang dapat menyebabkan keinginan buang air kecil di malam hari antara lain kehamilan, pembesaran prostat, diabetes, prolaps kandung kemih, beser, dan penggunaan obat tertentu.

Beberapa solusi untuk masalah ini meliputi membatasi asupan cairan sebelum tidur, jangan minum obat terlalu dekat dengan waktu tidur, dan menghindari makanan pedas.

Sumber artikel: Primadaily.comSering Terbangun Tengah Malam? Ini Penyebabnya.

Add a Comment