Sebenarnya Amankah Makan Daging Ayam Setiap Hari?

Sebenarnya Amankah Makan Daging Ayam Setiap Hari?

PrimaBerita – Sebenarnya amankah makan daging ayam setiap hari? Daging ayam memang kerap menjadi favorit orang banyak terlebih anak-anak lantaran sering dijadikan sebagai sajian ayam goreng. Bahkan bukan hanya bisa diolah sebagai ayam goreng saja, daging ayam juga bisa diolah ke dalam berbagai macam jenis masakan.

Bahkan banyak restoran hingga usaha-usaha catering yang menjadikan ayam goreng sebagai salah satu menu utamanya. Mungkin selain karena harganya lebih murah dari jenis daging lain, daging ayam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melengkapi kebutuhan gizi bagi tubuh. Namun bagaimana jika daging ayam kita konsumsi setiap hari? Apakah aman makan daging ayam setiap hari?

Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, tentu jawabannya tergantung. Sebab untuk memperoleh manfaat yang maksimal, anda harus memperhatikan jenis ayam, cara mengolahnya, serta bagian mana saja yang anda makan. Paling penting bagi kita untuk memilih jenis ayam. Ayam negeri cenderung mengalami proses penyuntikan hormon maupun antibiotik untuk membuat ayam tetap sehat. Serta ayam pun menjadi tumbuh besar secara tidak alami.

Padahal jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi daging ayam yang telah kena suntik hormon maka hal ini dapat mengganggu kesehatan sistem produksi. Mengapa demikian?

Karena suntikan hormon yang terdapat pada ayam dapat berupa estrogen, progesteron, steroid, maupun testosteron sering kali tidak sesuai aturan yang berlaku. Makanya jika seseorang mengonsumsi terlalu banyak ayam seperti ini dapat mengacaukan kinerja hormon alami tubuh bahkan memicu sejumlah penyakit.

Sementara itu ayam kampung biasanya cenderung dilepas begitu saja saat dipelihara oleh pemiliknya. Sehingga ayam kampung cenderung mengonsumsi makanan apa saja yang terdapat pada jalanan. Ini juga sebenarnya bisa menjadi ancaman kesehatan.

LIHAT JUGA: Resep Ayam Asam Manis yang Lezat Untuk Makan Malam

Jadi sebenarnya yang paling baik yaitu mengonsumsi ayam organik maupun ayam probiotik. Pasalnya ayam seperti itu terjaga makanannya serta tempat tinggalnya pun terjaga sehingga lebih sehat untuk kita konsumsi atau kita olah ke dalam berbagai bentuk sajian.

Add a Comment