Resep Praktis Membuat Kue Cakwe

bakeryenak – Membuat kue basah seperti cakwe bukanlah hal yang tergolong sulit. Anda hanya perlu menyediakan sejumlah bahan adonan kue dan juga peralatan memasak. Untuk proses pembuatannya juga tergolong gampang serta praktis.

Menurut dialek Hokkian, cakwe sendiri berarti hantu yang digoreng. Karena nama ini berhubungan erat dengan asal usul panganan kecil yang sarat akan sejarah. Menurut sejarahnya, kudapan ini berawal dari tewasnya jenderal Yue Fei pada jaman dinasti Song yang difitnah oleh perdana menteri bernama Qin Hui. Sehingga rakyat tiongkok membuat gorengan berbentuk 2 batang kecil yang terbuat dari adonan tepung beras. Dua batang adonan tepung beras tersebut melambangkan kebencian terhadap Qin Hui dan istrinya.

Pun demikian, rasa cakwe sendiri sangat khas dan bertekstur lembut. Berikut resep membuat kue cakwe.

BAHAN ADONAN CAKWE

150 gram – tepung terigu

1 butir – telur ayam

1/2 sdt – ragi instan

1/4 sdt – garam

1/2 sdt – kaldu bubuk

1/4 sdt baking powder

70 ml – air bersih

3 sdm – minyak goreng

Cara Membuat Cakwe

1. Kocok lepas telur dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung terigu, garam, ragi, baking powder, serta kaldu bubuk.

2. Selanjutnya tambahkan air dan minyak sedikit demi sedikit. Uleni sampai adonan kalis. Lalu bulatkan adonan dan masukkan ke dalam baskom yang telah diolesi dengan minyak goreng. Tutuplah baskom tersebut menggunakan plastik.

3. Diamkan selama 9 jam di dalam lemari es. Sesudah 9 jam, keluarkan adonan. Kempiskan dan uleni lagi sebelum didiamkan beberapa saat.

4. Pipihkan adonan dan potonglah berbentuk persegi panjang. Dua lembar adonan rekatkan menjadi satu. Tarik kedua ujungnya untuk dipuntir,

5. Siapkan wajan penggorengan. Gorenglah cakwe tersebut ke dalam minyak panas. Jika sudah matang maka cakwe bisa anda nikmati.

Nikmati kelezatan cakwe bersama dengan teh atau kopi saat sedang bersantai. Selamat mencoba resep ini. Lihat juga resep lainnya: Resep Kue Pancong Kelapa, Wangi dan Lembut

The post Resep Praktis Membuat Kue Cakwe first appeared on Bakery Enak.

Add a Comment