Resep Lezat Kue Sus Kering Keju

bakeryenak – Kue sus kering keju merupakan sebuah kudapan berongga yang adonannya berbahan dasar tepung terigu dan margarine. Kue ini biasanya disajikan saat hari raya lebaran maupun hari besar lainnya. Namun sekarang ini anda bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai camilan bersantai keluarga.

Dalam perkembangannya, kue sus bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan isian seperti keju, cokelat, selai strawberry, selai kacang, maupun selai blueberry, dan lain-lain sesuai dengan selera yang membuat. Sementara itu kue sus kering juga sudah banyak dijual di toko-toko roti dengan kemasan yang menarik pula. Namun jika anda berniat untuk membuatnya sendiri, berikut resep yang bisa anda jadikan sebagai panduan.

Panduan Memasak Kue Sus Kering Keju

Bahan Adonan Kue

  • Margarine (100 gram)
  • Keju cheddar (75 gram)
  • Garam (1/4 sdt)
  • Air bersih (250 ml)
  • Telur ayam (3 butir)
  • Baking powder (1 sdt)
  • Tepung terigu (125 gram)
  • Bahan pelengkap yang meliputi: mayonaise/taburan keju secukupnya

Cara Membuat Kue Sus Kering Keju

  1. Persiapkan semua bahan-bahan dan peralatan membuat kue. Jika sudah rebuslah margarine ke dalam sebuah panci bersama dengan air bersih dan garam. Masak hingga mendidih dengan api sedang sambil diaduk secara merata.
  2. Sesudah bahan tersebut berbaur merata dan sudah mendidih maka matikan api untuk sementara. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan tersebut.
  3. Aduk adonan tepung terigu secara perlahan hingga adonan menjadi lebih padat dan menggumpal.
  4. Nyalakan kembali kompor, lalu lanjutkan mengaduk hingga menjadi lebih kalis dan juga merata. Jika adonan kue sus telah nampak kalis maka angkat adonan dari kompor. Biarkan adonan mendingin dengan sendirinya.
  5. Selanjutnya yaitu mencampurkan bahan seperti telur (pecahkan telur secara perlahan ke dalam adonan). Kocoklah secara cepat sampai bahan tercampur. Jika sudah maka hal selanjutnya yaitu menambahkan keju parut. Lagi-lagi aduk adonan setelah menambahkan keju agar semuanya rata sempurna.
  6. Siapkan oven pemanggang, sembari itu olesi permukaan loyang dengan sedikit margarin.
  7. Masukkan adonan ke dalam pipping bag tetapi jangan lupa untuk melubangi bagian bawahnya. Setelah itu lapisi bagian bawah dengan spuit.
  8. Cetak adonan di atas loyang ke dalam permukaan loyang yang sudah diolesi margarine. Bentuk bulatan kue sus pada umumnya atau sesuai selera anda. Usahakan untuk menderetkan bulatan adonan dengan rapi dan agak berjarak satu sama lain.
  9. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Atau sampai kue matang sempurna.
  10. Sajikan kue sus kering dengan bahan pelengkap seperti taburan keju. Siramkan taburan keju ke atas permukaan kue sus yang sudah selesai dipanggang. Anda juga bisa menghidangkan kue sus ini bersama dengan mayonaise.

RESEP LAINNYA: Resep Praktis Membuat Kue Semprit Susu Matcha

The post Resep Lezat Kue Sus Kering Keju first appeared on Bakery Enak.

Add a Comment