Raja Thailand Disebut Raja Terkaya di Dunia, Darimana Kekayaannya?

raja terkaya di dunia

PrimaBerita – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn kini tengah mendapat sorotan lantaran disebut sebagai raja terkaya di dunia. Bahkan Vajiralongkorn mampu mengendalikan lebih banyak kekayaan daripada sultan Brunei, raja Saudi, hingga kerajaan Inggris. Lantas darimana saja harta kekayaannya?

Maha Vajiralongkorn merupakan raja Thailand sejak 13 oktober 2016 silam. Ia naik tahta setelah kematian ayahnya, raja Bhumibol Adulyadej. Yang kemudian mengalihkan semua kepemilikan aset perusahaan besar Biro Properti Mahkota ke kepemilikan pribadinya. Dengan begitu raja Vajiralongkorn mengendalikan lebih banyak harta kekayaan.

CPB atau Biro Properti Mahkota merupakan salah satu sumber kekayaan kerajaan terbesardi dunia. Perusahaan induk rahasia ini berletak pada ibukota Thailand, Bangkok. Kabarnya melalui perusahaan ini juga Vajiralongkorn mampu membayar semua beban yang ia pikul sebelum naik tahta. Yakni terkait tuduhan korupsi orangtuanya serta saudara laki-lakinya dan pamannya. Sementara untuk perkiraan asetnya sendiri memiliki nominal sekitar USD 70 miliar.

Kini aset sekitar USD 70 miliar tersebut telah menerima tuntutan dari gerakan pro-demokrasi yang meminta transparansi keuangan monarki serta batasan pada kekuatannya yang sangat luas.

“Ketika para pengunjuk rasa berbicara tentang monarki sebagai sebuah institusi, CPB adalah intinya,” pungkas Pongkwan Sawasdipakdi, seorang dosen sekaligus kandidat doktor sebagaimana lansiran LA Times.

“Salah satu hal utama yang dipikirkan orang adalah bagaimana monarki dapat mengumpulkan kekayaan yang sangat tinggi dan kami benar-benar tidak tahu apapun soal itu,”

Adapun CPB ini telah beroperasi secara legal sejak tahun 1936 dan tidak termasuk dalam lembaga pemerintah maupun swasta. Atau tidak menjadi bagian dari istana. Namun sebagian besar informasi kepemilikannya masih menjadi misteri sebab tidak meliris laporan keuangan.

Akan tetapi portofolio biro tersebut memperkirakan bahwa raja Thailand menjadi raja terkaya di dunia. Informasinya, ada kepemilikan villa tepi danau luar Munich Jerman serta menyewakan hotel pada kawasan pegunungan Alpen Bavaria.

Selain itu menurut sebuah jurnal, Porphant Ouyyanont, raja memiliki beberapa aset lain. Raja mempunyai kepemilikan atas tanah termasuk 5,5 mil persegi.

Add a Comment