Puncak Musim Hujan di Medan, BMKG Minta Warga Lebih Waspada

puncak musim hujan

PrimaBerita – Untuk wilayah kota Medan dan sekitarnya, puncak musim hujan diperkirakan terjadi sepanjang oktober hingga november. Maka dari itu dari pihak BMKG menyampaikan agar masyarakat lebih waspada terhadap kondisi cuaca saat ini.

Bahkan dalam 3 hari ke depan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I kota Medan Sumatera Utara menyampaikan perkiraan cuaca Medan dan sekitarnya akan terjadi hujan dan angin kencang. Sementara itu hujan deras dengan angin kencang sudah terjadi sejak kemarin.

Kepala BMKG wilayah I Medan, Edison Kurniawan menuturkan terkait suhu udara yang cenderung panas saat siang hari akan memicu terbentuknya awan konvektif. Yang mana awan konvektif ini merupakan awan penyebab hujan.

Baca Juga: Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Musim Hujan dengan Tips Berikut

“Kalau untuk wilayah Medan dan sekitarnya cuacanya masih hujan deras dandisertai angin kencang ya. Dimana pada siang hari udara yang cukup panas yang menjadikan terbentuknya awan konvektif yang menyebabkan hujan,” imbuh Edison Kurniawan (14/10/2020).

Lebih lanjut, untuk puncak musim hujan sendiri pada wilayah kota Medan dan sekitarnya akan terjadi sepanjang bulan oktober sampai bulan november mendatang.

“Untuk wilayah Medan dan sekitarnya, puncak musim hujan idperkirakan terjadi sepanjang oktober dan november. Oktober saat ini sudah masuk ke dalam puncak musim hujan,” pungkas Edison.

Sehingga Edison pun menghimbau kepada warga kota Medan dan sekitarnya agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang terjadi.

“Kita himbau warga bisa lebih waspada dengan kondisi cuaca saat ini ya.Dimana dominan sore ke malam itu akan kerap turun hujan deras yang dsertai angin kencang,” tutur Edison Kurniawa.

Prakiraan Cuaca Kota Medan Hari Ini Menurut BMKG

Menurut laman resmi BMKG, pada pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 10:00 WIB wilayah Medan cerah berawan. Namun perkiraan cuaca akan terjadi hujan sedang pada pukul 13:00 WIB. Lalu pada pukul 16:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB wilayah kota Medan berpotensi hujan ringan. Kemudian kembali berawan pada pukul 22:00 WIB.

Add a Comment