Penyebab Mual Setelah Makan, Bukan Berarti Hamil

Penyebab Mual Setelah Makan

PrimaBerita – Gangguan makan kerap terjadi pada beberapa orang seperti mual. Penyebab mual setelah makan bukan berarti pula pertanda hamil.

Tidak hanya setelah makan, beberapa orang langsung merasa mual saat sedang memakan sesuatu. Walaupun beberapa orang mengatakan timbulnya rasa mual ini sebagai tanda munculnya penyakit,. Sebenarnya ada beberapa sebab lain yang mendatangkan rasa mual saat sedang atau baru saja selesai menyantap makanan.

Berikut kemungkinan mengapa perut mual setelah makan

Alergi

Sebagian orang akan memberikan reaksi penolakan dalam berbagai bentuk terhadap sejumlah makanan. Biasanya alergi ini muncul dengan rasa gatal atau kulit yang memerah.

Dan makanan tersebut sudah terdeteksi sejak kecil, namun untuk mengetahui makanan apa yang membuat alergi, lebih baik langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

Keracunan Makanan

Kasus keracunan makanan sebetulnya bukan hal yang asing lagi buat kita. Beberapa kali pemberitaan di televisi atau surat kabar melaporkan sejumlah kasus keracunan makanan massal yang menyebabkan banyak orang mual setelah makan. Timbulnya rasa mual saat sedang atau setelah makan bisa jadi disebabkan kondisi bahan makanan yang bisa jadi sudah tidak layak dikonsumsi.

Asam Lambung

Gangguan makanan mual setelah makan juga biasanya terjadi pada mereka yang menderita gangguan asam lambung. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan agar mereka tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi, makan dengan cepat, dan sangat disarankan makan teratur serta pilih makanan sehat setiap hari.

Gangguan Sistem Pencernaan

Ini merupakan penyebab gangguan makan yang cukup umum sehingga menimbulkan rasa mual setelah makan. Gangguan makan ini bisa terjadi akibat infeksi usus dan lambung, usus buntu, GERD, maag, asam lambung, atau berujung pada kanker usus atau kanker lambung.

Psikosomatis

Penyebab terakhir dari timbulnya rasa mual setelah makan adalah psikosomatis. Psikosomatis adalah gejala psikologis yang memiliki efek terhadap munculnya respons secara fisik oleh tubuh, salah satunya mual. Psikosomatis disebabkan stres sehingga anda wajib menghindari stres berlebihan.

Banyak Bicara Saat Makan

Tidak hanya karena kurang sopan, banyak bicara saat makan juga bisa memicu seseorang mual setelah makan. Hal ini karena berbicara saat mengunyah makanan menyebabkan proses penghalusan makanan tidak berjalan dengan baik dan membuat kerja lambung sekian kali lebih keras. Hal ini berakhir dengan membuat lambung mengeluarkan gas yang terlalu banyak, lalu berakhir dengan rasa mual setelah makan.

Add a Comment