Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Tubuh

PrimaDaily – Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan juga bisa mencegah berbagai penyakit. Sesibuk apapun Anda, tidak ada kata telat untuk memulai olahraga.

Berikut Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas mampu mengundang berbagai macam penyakit datang. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda bisa menjaga berat badan sehingga penyakit ogah datang.

Manfaat olahraga yang satu ini dapat dirasakan karena saat otot bergerak, kalori akan terbakar. Apalagi kalau Anda melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, seperti lari.

Mencegah datangnya penyakit mematikan

Melakukan olahraga bisa menjaga lancarnya aliran darah, sehingga penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dapat anda hindari. Selain penyakit jantung, ada banyak penyakit mengerikan lain yang bisa anda hindari dengan manfaat olahraga, seperti:

  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi
  • Gangguan kecemasan
  • Berbagai macam jenis kanker
  • Nyeri sendi

Memperkuat tulang dan otot

Bagi orang lanjut usia, masalah tulang dan otot adalah mimpi buruk yang harus anda hindari. Mulailah berolahraga walaupun usia Anda masih muda, untuk mencegah kelemahan tulang dan otot pada usia tua.

Ketahuilah, berolahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang dan kekuatan otot, sehingga di usia tua, nyeri tulang dan otot dapat dihindari.

Meningkatkan energi

Meningkatkan energi adalah salah satu manfaat olahraga yang tentunya dibutuhkan tubuh.
Sebab, oksigen akan “terdistribusi” dengan baik ke dalam jaringan tubuh, sehingga jantung akan bekerja lebih baik. Saat kesehatan jantung dan paru-paru terjaga, maka energi pun bertambah!

Meningkatkan kualitas tidur

Setelah bekerja seharian, tubuh membutuhkan kualitas tidur yang baik. Namun, bagaimana jika tidur yang baik dan cukup tak dapat diraih? Olahraga rutin jawabannya!
Manfaat olahraga tidak hanya menyehatkan kesehatan fisik, tapi juga menjaga kualitas tidur Anda. Selain itu, manfaat olahraga juga bisa membuat Anda cepat terlelap.
Namun ingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur, ya. Sebab, hal ini bisa membuat Anda malah susah mengantuk.

Meningkatkan kesehatan seksual

Meningkatnya kesehatan seksual adalah manfaat olahraga yang tentunya bisa menghangatkan rumah tangga. Bagi pria, melakukan olahraga ternyata bisa mencegah disfungsi ereksi. Sementara itu untuk wanita, berolahraga mampu meningkatkan gairah seksual di ranjang.

Memperpanjang umur

Tidak hanya satu atau dua riset yang membuktikan bahwa manfaat olahraga bisa memperpanjang umur. Nyatanya, aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah kematian akibat penyakit berbahaya seperti penyakit jantung ataupun kanker.

Sumber artikel: Primadaily.comManfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Tubuh.

Add a Comment