Kota Ini Hampir Dihapus dari Peta Dunia, Bagaimana Bisa?

PrimaDaily – Ternyata ada beberapa kota di dunia yang hampir dihapus peredarannya dari peta dunia. Mengapa demikian? Tentu kota-kota tersebut memiliki alasan masing-masing. Mungkin bisa jadi kota tersebut sudah tak berpenghuni lagi karena tragedi bencana alam maupun kesalahan uji coba zat kimia.

Chernobyl – Ukraina

hampir dihapus dari peta dunia

Dulu ada kisah naas pada daerah ini yakni pernah terjadi ledakan reaktor nuklir pada tahun 1986. Dan ini menjadi insiden bencana buatan manusia yang terburuk sepanjang sejarah. Sehingga oleh karena itu kota ini menjadi kosong tak berpenghuni karena warganya telah pergi ke tempat lain. Informasinya pengunjung tak boleh datang ke kota ini tanpa pengawasan yang super ketat lantaran efek radiasinya bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Greensburg – AS

Greensburg yang berletak di Kansas Amerika Serikat dulunya merupakan sebuah kota kecil. Setidaknya ada sekitar 1500 penduduk yang bermukin sebelum tornado menghantam bersih seluruh bangunan pada tahun 2007. Akibatnya kota menjadi hancur hingga sekitar 95%. Meski tidak menewaskan semua orang akan tetapi penduduk yang tersisa lebih memilih untuk pindah tempat bermukim. Pemerintah setempat pernah mencoba kembali kawasan tersebut namun tak ada orang yang mau tinggal ke Greensburg.

Centralia – AS

Kota ini sudah tak lagi berpenghuni lantaran pernah terjadi kebakaran yang sangat dahsyat pada daerah pertambangan batu bara tahun 1962. Bahkan menurut sebuah sumber, kobaran api tersebut masih tinggal pada bagian tanah hingga kini. Sebelum terjadi insiden kebakaran luar biasa setidaknya 1435 penduduk tinggal pada daerah ini. Selain itu kota Centralia, Pennsylvania, Amerika Serikat ini juga sempat hendak terhapus peredarannya dari peta dunia. Namun kota ini menjadi salah satu lokasi penting karena menyimpan batu bara yang melimpah.

Yingxiu – Tiongkok

Gempa dahsyat yang pernah menghantam Yingxiu pada 2008 lalu telah membuat kota ini hancur lebur. Dari sekitar 7.000 orang pemukim, hanya sekitar 2.300 orang yang berhasil selamat dari hantaman gempa. Menurut salah satu sumber, kota ini melakukan pembangunan kembali.

Pompeii – Italia

kota yang hampir dihapus dari peta dunia

Pompeii merupakan sebuah kota kecil yang penuh sejarah. Kota yang sempat hampir dihapus dari peta dunia ini dulunya pernah terjadi bencana alam yakni meletusnya gunung Vesuvius. Akibat ledakan seluruh bangunan pun hangus. Itu terjadi sekitar 79 masehi. Namun sekarang ini Pompeii telah menjadi salah satu destinasi para pelancong bahkan sangat ramai pengunjung. Bukan hanya itu lebih uniknya lagi kota ini masih banyak menyisakan jasad manusia yang membeku ketika kota kembali ditemukan. Kendati demikian banyak pula wisatawan yang datang untuk berwisata sambil belajar sejarah kota Pompeii.

Sumber artikel: Primadaily.comKota Ini Hampir Dihapus dari Peta Dunia, Bagaimana Bisa?.

Add a Comment