Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Fresh Graduate Saat Interview

PrimaDaily – Beberapa kesalahan sering dilakukan oleh para pelamar fresh graduate saat interview kerja. Yang mana kesalahan tersebut bisa saja membuat anda gagal diterima bekerja di perusahaan yang anda lamar tersebut. Meski proses wawancara kerja merupakan suatu hal yang cukup menakutkan, akan tetapi sebaiknya anda harus menampilkan sikap yang tenang dan siap.

Karena dalam proses ini bisa saja menjadi poin penting para HRD untuk menerima para pelamar. Berikut beberapa kesalahan yang sering muncul saat interview kerja.

Gugup dan Gelisah

Gugup dan gelisah merupakan hal yang biasa muncul saat akan melaksanakan interview kerja. Namun sebaiknya anda harus bersikap santai. Tenangkan pikiran untuk siap masuk ke dalam ruang interview. Jangan sampai anda terlihat gelisah selama proses wawancara. Misalnya merapikan pakaian setiap waktu atau menyentuh wajah dan rambut setiap menit. Usahakanlah tangan anda beristirahat dalam pangkuan anda dan jangan kaku. Hal ini karena anda merupakan pusat perhatian saat proses interview jadi tampilkan sealami mungkin atau sesuai dengan versi terbaik anda.

Jabat Tangan yang Buruk

Mungkin jabat tangan yang sempurna agak sulit untuk kita lakukan. Tetapi hal tersebut merupakan suatu poin penting dalam proses wawancara. Jadi ada baiknya hindari jabat tangan yang terlalu lemah karena hal itu bisa menampilkan kesan yang tidak antusias. Saat berjabat tangan cobalah untuk tegas dan kuat namun jangan sampai menyakiti lawan jabat tangan. Dua atau tiga kali anda ayunkan dengan remasan yang tegas. Lakukan hal ini sambil melakukan kontak mata.

Terlalu Banyak Mengangguk

Mengangguk pada saat yang tepat menandakan bahwa anda memang sedang benar-benar mendengarkan dan mengerti. Atau mungkin juga kerena tertarik dengan sesuatu hal yang pewawancara sampaikan kepada anda. Akan tetapi mengangguk terlalu banyak pada waktu yang tidak pas justru memberikan kesan bahwa anda sedang tidak sepenuhnya mendengarkan. Jika ada sesuatu yang tidak anda pahami sebaiknya tanyakan saja.

Menyilangkan Lengan

Mungkin dengan menyilangkan kedua tangan dapat membuat anda terlihat lebih rileks. Bahkan menutupi tubuh dengan melipat lengan seperti itu justru membuat anda tampak defensif dan tidak nyaman berhadapan dengan pewawancara.

Sumber artikel: Primadaily.comKesalahan yang Sering Dilakukan Para Fresh Graduate Saat Interview.

Add a Comment