Jenis Penyakit yang Terjadi Pada Tanaman Hias

penyakit tanaman hias

PrimaBerita – Penyakit bisa saja menyerang tanaman hias. Karena dalam aktivitas menanam tanaman hias, potensi resiko terserang hama tentu saja harus mampu kita hadapi.

Kehadiran penyakit tersebut juga terjadi ketika jamur patogen menyerang tanaman hidup yang dapat menginfeksi langsung jaringan tanaman. Jadi anda perlu mengenali terlebih dulu jenis penyakit apa saja yang bisa muncul pada tanaman hias.

Jenis Penyakit yang Terjadi Pada Tanaman Hias

Penyakit Pembusukan Akar (Phytium)

Pembusukan akar tanaman hias dapat terjadi oleh karena terlalu lama tergenang air. Sementara itu penyebab penyakit ini yaitu karena jamur. Sehingga proses pembusukan akar pun terjadi lantaran media tanam yang terlalu banyak tergenang air serta dalam waktu yang lama pula. Namun bukan hanya akar yang membusuk tetapi daun tampak pucat dan layu. Maka anda perlu memperhatikan kadar air yang pas bagi tanaman hias anda.

Infeksi Rhizoctonia

Infeksi rhizoctonia bisa muncul pada tanaman hias akibat kehadiran jamur. Sebagai tandanya, biasanya akan memunculkan tanda merah kecokelatan pada tanaman. Bahkan tampak segar pada malam hari setelah tampak layu saat siang hari. Sehingga anda perlu waspada bila penyakit ini muncul pada tanaman hias anda.

Umumnya penyakit ini terjadi melalui irigasi, bahan tanaman, serta benih yang terkena infeksi jamur yang bisa saja sulit untuk dikendalikan. Apabila tanaman sudah terjangkit rhizoctonia maka anda perlu mengganti hingga seluruh media tanam tanaman hias.

Penyakit Pembengkakan Akar Tanaman

Penyakit ini bisa menyebabkan daun menguning oleh karena jamur meloidogyne spp. Biasanya akan menyerang akar. Selain itu patogen tersebut juga bisa anda temukan dari tanah maupun pupuk kandang hingga ubi bibit yang sudah terinfeksi.

Adapun gejala yang timbul oleh karena penyakit tanaman ini yaitu kemunculan benjolan seperti jerawat hingga tanaman hias menjadi layu. Sementara itu penyakit pembengkakan akar tanaman juga rentan terjadi pada bunga krisan.

Penyakit Bercak Hitam Pada Tanaman

Penyakit bercak hitam yang terjadi pada tanaman umumnya mudah terserang ketika musim kemarau. Biasa penyebabnya adalah karena infeksi jamur botrystis sp sehingga bisa berakibat pada pembusukan tanaman. Kemudian mudah menyerang tanaman yang memiliki kondisi lingkungan lembab dan juga saat musim kemarau.

Add a Comment