Jangan Kaget Ya! Ini Pernikahan Adat Paling Mahal di Indonesia

PrimaDaily – Sebagai negeri kaya akan budaya, wajar saja kalau pernikahan berlangsung berdasarkan tradisi yang ada namun tahukah anda pernikahan adat apa saja yang paling mahal di Indonesia? Sejumlah pernikahan adat yang akan diulas berikut ini membutuhkan biaya yang begitu besar untuk melakukan serangkaian tradisi. Kira-kira adat apa saja ya?

Minangkabau (Padang)

Pernikahan adat minangkabau agak berbeda dari suku lainnya karena perempuanlah yang harus menyambangi rumah calon suaminya. Dalam rangkaiannya adatnya, ada acara malam bainai oleh mempelai perempuan. Malam bainai merupakan sebuah ritual unjuk kasih sayang pada para sesepuh sebelum melangsungkan prosesi pernikahan. Biasanya tangan wanita akan terhias inai. Setelah itu ada acara manjapuik marapulai atau parade penjemputan pengantin pria ke lokasi pernikahan. Besaran biaya pernikahan adat ini mampu menembus Rp 150 juta.

Bugis (Sulawesi Selatan)

Suku bugis mempunyai proses persiapan pernikahan yang cukup panjang hingga melibatkan banyak orang. Salah satu rangkaiannya yaitu mappaiseng. Selain itu besaran mahar juga harus sesuai dengan tingkat pendidikan sang mempelai wanita. Jika diperkirakan untuk melakukan upacara pernikahan adat bugis Sulawesi Selatan bisa mencapai angka Rp 100 juta.

Lihat Pula: Warga Indonesia Wajib Mengetahui 7 Upacara Adat Ini!

Banjar (Kalimantan Selatan)

Dalam bahasa banjar, maatar jujuran merupakan persiapan biaya lebih saat memberikan mahar. Berdasarkan perhitungan masyarakat setempat, mahar sang mempelai biasanya dapat berupa uang maupun emas yang memiliki patokan harga. Biasanya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Namun biaya ini belum termasuk pula dengan barang-barang lamaran lainnya. Uniknya lagi, besaran mahar juga menentukan banyaknya tamu. Dalam perhitungannya biaya pernikahan adat bugis bisa mencapai Rp 80 juta.

Batak (Sumatera Utara)

Pernikahan suku batak juga termasuk ke dalam daftar pernikahan adat paling mahal. Biasanya mahar sang mempelai wanita berdarah batak harus sesuai dengan kualitas sang mempelai. Tingkat pendidikan wanita bisa juga menjadi faktor penentu mahar dari sang calon suami. Dalam adat batak, marhata sinamot harus terselenggara sebelum resepsi pernikahan. Kedua belah pihak juga harus melakukan acara martumpol atau prosesi pertunangan. Biaya pernikahan adat batak bisa mencapai Rp 100 juta, bahkan lebih.

Sumber artikel: Primadaily.comJangan Kaget Ya! Ini Pernikahan Adat Paling Mahal di Indonesia.

Add a Comment