Jangan Beli Ikan Asin Jika Terdapat Tanda Berikut Ini

PrimaDaily – Ada beberapa tanda yang menentukan kualitas ikan asin. Sebab beberapa tanda bisa menjadi masalah oleh karena itu anda harus cermat dalam memilih ataupun membeli ikan asin.

Ikan asin merupakan daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam sehingga kerap rasanya asin. Biasanya ikan asin sering disajikan sebagai tambahan lauk pada menu bersantap. Nah bagi anda yang suka mengomsumsi ikan asin, berikut tanda ikan asin yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli ikan asin.

Warna Ikan Asin

Ikan asin cenderung berwarna keputihan lantaran terlumuri oleh sisa-sisa garam. Dengan demikian pilihlah ikan asin yang berwarna cerah dan hindari membeli ikan asin berwarna kemerahan.

Bau Ikan Asin

Kualitas ikan asin juga bisa anda temui lewat baunya. Sehingga cara yang mesti anda lakukan yaitu dengan mencium ikan asin yang akan anda beli. Jangan beli ikan asin yang memiliki bau yang aneh atau malah bau busuk. Karena itu bisa menjadi pertanda kalau kondisi ikan sudah kurang baik. Usahakan mencari ikan asin yang berbau normal seperti laut.

Baca Juga: Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mengatasi Kesalahan Saat Memasak

Daging Ikan Asin

Sebisa mungkin anda menekan daging ikan asin menggunakan jari. Tetapi lakukan ini dengan pelan dan sederhana. Ikan asin yang baik adalah setelah melampaui penjemuran yang kering betul. Saat hendak membelinya hindarilah ikan asin yang berdaging lembek atau daging yang justru mudah hancur.

Perhatikan Lalat Sekitar Ikan Asin

Biasanya ikan asin yang bagus terdapat lalat pada sekitarannya. Jika ikan asin terbebas dari lalat biasanya ikan asin bisa jadi sudah tercampur dengan zat berbahaya seperti formalin. Jadi tak perlu terlalu khawatir bila melihat ikan asin terhinggapi lalat saat dijual di pasar tradisional.

Terlepas dari tanda-tanda tersebut, ikan asin bisa anda simpan untuk beberapa waktu. Namun sebaiknya jemur ikan asin berkali-kali agar kualitasnya tetap terjaga. Selain itu simpan saja pada lemari es supaya baunya juga tidak cepat tengik sebelum anda olah.

Sumber artikel: Primadaily.comJangan Beli Ikan Asin Jika Terdapat Tanda Berikut Ini.

Add a Comment