Ini Tips Agar Koleksi Batik Anda Tahan Lama

batik tahan lama

PrimaBerita – Agar koleksi batik tahan lama maka ada sejumlah tips yang bisa anda coba lakukan. Sebab batik bisa dipakai dalam berbagai acara dan kesempatan. Selain itu kain batik yang merupakan kekayaan nusantara ini juga memang harus kita jaga kelestariannya.

Lantas bagaimana cara merawat dan menyimpan koleksi batik dengan tepat?

Tips Agar Koleksi Batik Tahan Lama

Perhatikan Suhu Ruang Penyimpanan

Tempat penyimpanan kain batik atau outfit batik sebenarnya bisa kita lakukan dimana saja. Asal dengan catatan perhatikan suhu ruangan penyimpanan batik. Pastikan suhu ruang penyimpanan stabil dan tidak mengalami fluktuasi suhu yang tinggi.

Sebab fluktuasi suhu dapat membuat kain batik rentan rusak. Jadi sebisa mungkin tempatkan kain batik anda pada ruangan bersuhu 16 hingga 25 derajat celcius. Sirkulasi udara yang baik dan bersih juga bisa membuat koleksi batik tahan lama.

Lihat Juga: Kumpulan Ucapan Hari Batik Nasional 2020

Tempat Penyimpanan Kain Batik

Kain batik sebaiknya memiliki tempat penyimpanan yang tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Karena paparan cahaya atau sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna kain batik menjadi pudar. Nah bila warna batik telah pudar tentu akan mengurangi tampilan serta kualitas kain batik tersebut.

Cara Mencuci Batik

Tips selanjutnya agar kain batik tahan lama yaitu memperhatikan cara mencuci kain batik. Jangan mencuci batik dengan cara menyikat. Selain itu perhatikan pula sabun cuci yang anda gunakan. Lebih baik bila menggunakan lerak saja atau sabun cuci khusus untuk kain batik. Anda bisa membelinya di pasaran.

Tetapi selain itu ada lagi cara yang lebih sederhana untuk mencuci batik yakni menggunakan shampo atau produk sabun bayi. Produk ini lebih aman ketimbang menggunakan deterjen. Pun demikian saat mencuci batik sebaiknya kain terbentang.

Batik merupakan kain bermotif yang proses pembuatannya secara khusus dan khas. Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa yakni ‘ambhatik‘ yang terdiri amba dan titik. Amba berarti lebar atau luas sedangkan titikberarti titik.

Add a Comment