Gejala dan Penyebab Kista, Jangan Disepelekan!

Gejala dan Penyebab Kista, Jangan Disepelekan!

PrimaBerita – Gejala dan penyebab kista sebaiknya memang jangan kita sepelekan. Sebab kista atau benjolan bawah kulit yang berisi cairan ini dapat tumbuh pada bagian tubuh manapun. Biasanya yang menjadi faktor penyebabnya adalah infeksi.

GEJALA DAN PENYEBAB KISTA

Gejala Kista

Untuk lebih mengenali penyakit kista anda bisa memperhatikan sejumlah gejalanya. Sementara itu benjolan yang tubuh pada bagian tubuh tertentu ini memiliki variasi benjolan. Sejumlah gejala yang menjadi penyertanya antara lain:

  • Kulit memerah di sekitar area kista
  • Kaku atau kesemutan
  • Demam
  • Keluar cairan darah ataupun nanah dan berbau tidak sedap
  • Kepala pusing
  • Infeksi yang memicu nyeri pada kista
  • Mual
  • Muntah

Dengan demikian jika anda menemukan gejala-gejala tersebut sebaiknya anda waspada. Cobalah untuk memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter terkait apa yang anda alami.

Faktor Penyebab Kista

Berikut ini ada sederet penyebab kista berdasarkan tipe kista.

1. Kista Baker

Kista baker merupakan sebuah kondisi kesehatan yang memunculkan benjolan berisi cairan yang terbentuk pada belakang lutut. Situasi ini juga menyebabkan nyeri saat menekuk maupun saat meluruskan tungkai. Bahkan bisa menyebabkan gerakan penderitanya menjadi terbatas.

2. Kista Celah Brankial

Sebuah penyakit bawaan lahir yang ditandai dengan benjolan pada salah satu area leher anak disebut dengan kista celah brankial. Namun kondisi ini juga bisa tumbuh pada area tubuh lainnya yakni pada bawah tulang selangka yang umumnya terjadi pada minggu ke-5 perkembangan janin.

3. Kista Ganglion

Kista ganglion merupakan benjolan yang berisi cairan sepanjang tendon serta persendian. Namun benjolan yang paling umum tumbuh pada area pergelangan tangan atau pergelangan kaki. Penyebabnya adalah karena terjadi penumpukan cairan akibat osteoartritis dan cedera persendian.

4. Kista Kalazion

Kista jenis ini menyerang bagian kelopak mata. Bahkan benjolannya bisa berada pada bagian kelopak mata bawah maupun kelopak mata atas. Bisa pula terjadi pada kedua mata. Penyebab paling umum dari kista kalazion ini yaitu akibat penyumbatan kelenjar meibom (kelenjar minyak). Kondisi ini juga menimbulkan rasa nyeri. Untuk sebagian kasus kista ini dapat menggangu penglihatan.

5. Kista Ovarium

Kista jenis ini berada pada bagian indung telur dan pada umumnya tidak memberikan gejala apapun. Namun kista ovarium dapat bertambah besar apabila muncul nyeri pada bagian panggul hingga punggung bagian bawah dan paha.

6. Kista Payudara

Penyebab kista payudara adalah karena terjadi penumpukan cairan dalam kelenjar payudara. Sementara itu benjolan bisa berbentuk bulat ataupun lonjong. Bisa pula menyerang satu payudara maupun keduanya.

Add a Comment