Daftar Perlengkapan Ibu Usai Melahirkan

awanbabyclothing – Tak hanya persiapan persalinan, sejumlah daftar barang perlengkapan ibu usai melahirkan juga perlu dipersiapkan. Untuk itu bunda bisa menyediakannya jauh-jauh hari.

Berikut sejumlah daftar perlengkapan ibu usai melahirkan yang perlu diperhatikan.

1. Bra Menyusui dan Breasts Pad

Nursing bra (bra menyusui) dan breasts pad penting untuk diperhatikan para bunda yang baru saja melahirkan dan sedang masa menyusui. Karena nursing bra ini memudahkan bunda dalam proses menyusui tanpa harus melepas bra. Dengan begitu bunda juga akan lebih fleksibel lagi dalam menyusui si kecil kapanpun serta dimanapun. Sedangkan breasts pad berguna untuk mencegah rembesan ASI. Bunda bisa memilih mau memakai breasts pad yang sekali pakai atau yang bisa dicuci ulang.

2. Pembalut Untuk Masa Nifas

Pasca melahirkan biasanya darah masih akan terus keluar selama masa nifas sehingga untuk itu bunda perlu sediakan pembalut di rumah. Sediakan saja pembalut yang berukuran lebih dari 30 cm dalam jumlah banyak. Sebab dalam sehari mungkin bunda akan mengganti pembalut sekitar 4 kali dan mulai berkurang menjelang 40 hari masa nifas.

3. Daster

Daster bukan hanya memberikan rasa nyaman berpakaian saat masa kehamilan akan tetapi juga memudahkan bunda untuk menyusui bayi. Jadi perlengkapan yang satu ini penting juga untuk bunda sediakan.

4. Nipple Cream

Meskipun menyusui adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bunda terhadap anak yang baru lahir, akan tetapi salah satu masalah yang bisa saja dihadapi bunda adalah puting yang lecet. Maka untuk mengatasi hal tersebut, bunda bisa menyediakan nipple cream sebagai salah satu perlengkapan pasca melahirkan. Namun penting bagi bunda untuk memperhatikan kandungan bahan dari nipple cream. Pilih yang sudah terstandar food grade.

5. Bantal Menyusui

Bantal menyusui pun tak kalah penting untuk diperhatikan para bunda pasca melahirkan. Bantal berbentuk letter U ini bisa menyanggah sekaligus mengusir pegal di bagian lengan hingga bagian punggung.

6. Korset

Tubuh wanita selepas melahirkan biasanya mengalami perubahan. Nah untuk itu korset ini berfungsi untuk mengencangkan kembali bagian perut yang kendur serta membantu mendapatkan kembali bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Sebaiknya gunakan korset jika bunda sudah merasa siap untuk memakainya dan bekas jahitan telah mengering. Lalu bunda bisa pilih korset yang berbahan lembut dan praktis.

Add a Comment