Cara Untuk Menghindari Sakit Kepala Saat Naik Pesawat

PrimaDaily – Saat naik pesawat tidak jarang beberapa orang merasakan sakit pada kepala atau telinga. Ada beberapa cara untuk menghindari sakit kepala saat naik pesawat tersebut.

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi paling efisien untuk bepergian antarkota maupun antarnegara saat ini.

Kondisi sakit kepala ketika terbang dengan pesawat ini biasa disebut aviation headache. Terjadi karena radang sinusitis paranasal yang berlubang, penyebabnya adalah perbedaan tekanan udara masuk dan keluar dari tubuh.

Agar penerbangan dengan pesawat lebih nyaman, ini langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari sakit kepala saat naik pesawat, mengutip dari Elite Readers.

1. Minum Ibuprofen Sebelum Terbang

Jika Anda rentan sakit kepala saat penerbangan, minumlah ibuprofen satu atau dua jam sebelum terbang. Jika sakit kepala anda datang saat sudah berada dalam pesawat, anda bisa langsung mengonsumsi tablet tersebut.

2. Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala

Makanan tertentu bisa memicu sakit kepala. Beberapa makanan yang harus anda hindari dalam waktu 12-24 jam sebelum Anda terbang.

Makan tersebut adalah keju, anggur merah, cokelat dan daging olahan. Makanan ini mengandung senyawa kimia tyramine yang memberi sinyal kepada jalur nyeri untuk mereka yang mengalami migrain atau sakit kepala.

3. Hindari Minuman Manis dan Alkohol

Daripada memilih minuman seperti kopi, anggur merah, atau minuman beralkohol, lebih baik minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Sangat penting untuk minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi terutama dalam penerbangan jarak jauh.

4. Bawa Perlengkapan Tidur

Ini adalah hal yang paling penting jika Anda terbang lama. Kurang tidur dapat memicu migrain maka dari itu sediakan perlengkapan tidur seperti bantal leher, kaos kaki, penutup mata dan selimut agar bisa terlelap saat di pesawat.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Untuk Menghindari Sakit Kepala Saat Naik Pesawat.

Add a Comment