Cara Menyenangkan Untuk Membakar Kalori

PrimaDaily – Semua tentu ingin memiliki berat badan yang ideal, namun malas berolahraga. Nah, ada cara yang menyenangkan untuk membakar kalori. Membakar lebih banyak kalori merupakan cara yang dapat membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Berikut Cara Menyenangkan Untuk Membakar Kalori

1. Paparan suhu dingin

Paparan suhu dingin dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dengan merangsang aktivitas lemak cokelat di tubuh, menurut penelitian dalam jurnal Biochimie. Simpanan lemak sebagian besar terdiri dari lemak putih, serta sedikit lemak coklat yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi utama lemak putih adalah sebagai penyimpanan energi, yang jika jumlahnya terlalu banyak akan dapat meningkatkan peradangan dan resistensi insulin. Sedangkan fungsi utama lemak coklat adalah menjaga panas tubuh saat terpapar suhudingin.

2. Minum air dingin

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air juga mampu meningkatkan metabolisme sementara pada orang dewasa dan anak-anak dengan berat badan normal maupun kelebihan berat badan. Bahkan menurut laman Healthline, beberapa penelitian menyarankan individu yang ingin memaksimalkan metabolisme dengan meminum air dingin.

Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology melaporkan bahwa sekitar 40 persen dari peningkatan laju metabolisme ini adalah hasil dari pemanasan tubuh terhadap air hingga suhu tubuh.

3. Konsumsi lebih banyak protein

Mengutip dari laman The Healthy, protein mengharuskan tubuh bekerja sedikit lebih keras untuk mencerna makanan daripada karbohidrat dan lemak. Artinya, anda membakar beberapa kalori ekstra dengan konsumsi makanan berprotein lebih tinggi daripada makanan yang lebih rendah protein.

Jadi, untuk meningkatkan pembakaran kalori, ubah pola makan dengan menurunkan asupan lemak dan karbohidrat sederhana serta meningkatkan asupan makanan berprotein tinggi. Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein adalah daging, telur, kedelai, dan kacang-kacangan.

4. Terapkan aturan 6/60

Cara mudah untuk meningkatkan pembakaran kalori pada siang hari adalah dengan mempraktikkan aturan 6/60. Aturan ini mengharuskan kamu berdiri atau bergerak selama enam menit setiap 60 menit setiap hari.

Aturan ini didasarkan atas penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, yang menunjukkan bahwa hanya enam menit berdiri atau bergerak setiap jam sudah cukup untuk mengimbangi perlambatan metabolisme yang disebabkan oleh duduk dalam waktu lama.

5. Minum teh hijau

Menyeduh secangkir teh hijau dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Sebuah penelitian dalam Journal of Research in Medical Sciences menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau menghasilkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah sistolik.

Untuk anda yang bukan penggemar teh, anda tidak perlu khawatir. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau sebagai gantinya. Suplemen ini juga dapat memberikan efek penurunan berat badan sama seperti teh hijau.

6. Menonton film horror

Sebuah studi pada University of Westminster menemukan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit mampu membakar kurang lebih 113 kalori. Umumnya, film ini berupa film horror atau thriller. Dengan film The Shining dapat membakar kalori paling banyak.

Dalam penelitian ini, peneliti mengatakan bahwa pelepasan adrenalin dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan energi yang kita keluarkan saat istirahat, sehingga membakar lebih banyak kalori. Walaupun begitu, bukan berarti anda boleh bermalas-malasan dan menghabiskan waktu dengan menonton film horror.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Menyenangkan Untuk Membakar Kalori.

Add a Comment