Cara Alami Mengatasi Kapalan, Coba Dirumah Anda

PrimaDaily– Mengatasi kapalan kaki dan tangan dapat anda lakukan dengan cara alami. Kapalan merupakan kondisi jaringan kulit mengeras dan membentuk lapisan berwarna gelap dan kering.

Kondisi ini sering terjadi pada bagian tubuh yang memiliki tulang menonjol seperti siku, lutut, dan mata kaki.

Kapalan atau callus adalah kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya, kulit yang mengalami kapalan akan terasa kering dan berwarna agak putih kekuningan. Kapalan sering terjadi pada telapak kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan, serta jari-jari tangan.

Umumnya kondisi ini tidak berbahaya, tetapi dapat mengubah tampilan kulit. Kapalan hanya perlu anda obati jika kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan.

Berikut ini beberapa Cara Alami Mengatasi Kapalan

1. Rendam Air Hangat

Caranya cukup rendam tangan atau kaki yang kapalan dalam air hangat selama 5-10 menit. Setelah itu, keringkan tangan atau kaki kemudian gosok dengan handuk. Saat inilah kulit yang kapalan akan lebih lunak sehingga mudah untuk dikikis.

2. Cengkeh dan Lemon

Caranya campur air lemon dan cengkeh selama 15 menit. Kemudian keluarkan cengkeh dan usapkan air ramuan tersebut pada kulit kaki atau tangan yang kapalan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

3. Bawang Putih dan Cuka

Campur bawang putih dan cuka dalam sebuah mangkuk, lalu tempatkan mangkuk tersebut pada tempat yang terkena cahaya matahari. Oleskan cairan ini sebelum tidur dan kulit kapalan Anda akan melunak dan terkikis secara perlahan.

4. Minyak Jarak

Rendam kaki ke dalam minyak jarak atau castor oil selama beberapa menit setiap hari. Cara ini dikatakan ampuh untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras.

5. Kulit Lemon

Selain memanfaatkan perasan air lemon, Anda juga bisa menempelkan kulit lemon di kulit yang kapalan. Anda bisa membungkusnya dengan plester dan diamkan beberapa saat. Ulangi cara ini agar mendapatkan hasil yang optimal.

Sumber artikel: Primadaily.comCara Alami Mengatasi Kapalan, Coba Dirumah Anda.

Add a Comment