Berbagai Makanan yang Kaya Akan Vitamin D

makanan yang kaya akan vitamin d

PrimaBerita – Untuk membentuk struktur gigi serta tulang agar lebih kokoh dan sehat, ada baiknya seseorang perlu mengasup makanan yang kaya akan vitamin D. Karena selain memperkokoh gigi dan tulang, vitamin D juga berperan dalam mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit. Termasuk tekanan darah tinggi.

Meski vitamin D bisa terproduksi lewat bantuan sinar matahari, akan tetapi perlu juga menambah nutrisi dengan mengasup makanan-makanan yang mengandung vitamin D.

Ikan Tuna

Ikan tuna baik ikan tuna dalam kemasan, dalam 100 gramnya dapat mengandung 236 IU vitamin D. Namun bagi anda yang memutuskan mengonsumsi ikan tuna dalam kemasan kaleng sebaiknya perhatikan jenis ikan tuna. Hal ini agar terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Sebagai saran, pilih saja tuna kemasan yang berlabel ‘light’ dan batasi konsumsi hidangan ikan tuna setidaknya 200 gram seminggu.

Kuning Telur

Kuning telur juga bisa meningkatkan kebutuhan vitamin D sehari-hari. Pasalnya dalam 1 kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun tetap batasi pula pengonsumsian kuning telur dalam 1 hari. Karena dalam 1 butir telur bisa mengandung kira-kira 200 mg koelsterol. Jika mengonsumsi lebih dari 300 kolesterol per hari bisa menurunkan kesehatan jantung.

Lihat Juga: Turunkan Berat Badan Dengan Makanan Enak ini. Yakin Tidak Mau Coba?

Ikan Salmon

Sama halnya dengan ikan tuna, ikan salmon yang kaya akan omega-3 ini juga mengandung vitamin D. Dalam 100 gr salmon masak mengandung sekitar 447 IU vitamin D.

Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri atau scomberomorini memiliki kandungan vitamin D yang sama dengan ikan salmon.

Jamur

Makanan yang kaya akan vitamin D selanjutnya yaitu jamur. Jamur juga bisa menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D sehari-hari. Dalam 100 gram jamur portobello terkandung setidaknya 400 IU vitamin D.

Terlepas dari itu, kebutuhan vitamin D manusia sehari-hari rata-rata memerlukan 600 IU vitamin D. Kemudian bagi orang yang sudah lanjut usia atau 70 tahun ke atas, kebutuhan vitamin D tentu akan lebih banyak, sekitar 800 IU vitamin D per hari. Jika kekurangan vitamin D maka gangguan kesehatan bisa saja terjadi dan bahkan pada anak yang kekurangan vitamin D bisa menyebabkan pertumbuhan yang lambat.

Add a Comment