Belum Tentu Malas, Ini 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan

Alasan Suka Tunda Pekerjaan

PrimaBerita – Menurut psikologi alasan seseorang suka tunda pekerjaan belum tentu karena malas. Menunda pekerjaan atau sering disebut prokrastinasi adalah perilaku yang banyak seseorang lakukan.

Tugas yang terpampang tidak langsung anda kerjakan, menundanya beberapa jam bahkan berhari-hari sampai gak terasa deadline sudah dekat. Seseorang menunda pekerjaan bisa karena banyak penyebab.

Melansir dari time, menurut kepala American Psychological Association’s Center Organizational Excellence, David Ballard, prokrastinasi bukan hanya menghindari atau menunda pekerjaan. Tapi juga melibatkan hal yang tidak penting atau tidak produktif.

Jadi seseorang menunda pekerjaan dan melakukan hal lain yang tidak penting. Seseorang harus menemukan cara agar menunda pekerjaan tidak menjadi kebiasaan.

Untuk bisa menemukan strategi melawan kebiasaan menunda pekerjaan, anda harus tahu dulu alasan anda sering menunda pekerjaan. Tidak hanya karena kemalasan, menunda pekerjaan juga bisa karena  hal lain.

Berikut beberapa alasan seseorang suka tunda pekerjaan menurut David Ballard.

1. Masalah pemilihan waktu

Tidak semua orang bisa produktif dalam segala situasi dan setiap waktu. Ada tipe orang yang bisa lebih fokus pada waktu-waktu tertentu, misalnya pagi hari saat suasana masih hening. Sehingga akan menunda mengerjakan tugas sampai waktu tersebut karena khawatir tidak akan fokus jika mengerjakannya pada waktu lain.

2. Tugas yang terlalu sulit

Beberapa orang menunda pekerjaan karena menganggap tugasnya terlalu sulit dan tidak bisa dia kerjakan dengan sempurna. Jika hal itu terjadi maka cobalah untuk membagi tugas tersebut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dikerjakan. Dengan begitu beban tugasmu akan berkurang sedikit demi sedikit.

3. Tidak memahami pentingnya tugas tersebut

Kadang seseorang tidak mengerti manfaat dan pentingnya suatu tugas sampai deadline sudah dekat sehingga terus-terusan menunda mengerjakannya.

Untuk menyiasati hal tersebut bisa dengan membagi tugas menjadi beberapa bagian. Kerjakan yang mudah dulu.

4. Mudah terdistraksi

Ada tipe orang yang mudah terganggu dengan hal lain. Misalnya saat membuka laptop untuk mengerjakan tugas dan tidak sengaja melihat logo media sosial lalu malah membuka media sosial hingga lupa waktu. Untuk menghindari hal tersebut, matikan semua notifikasi gadget agar tidak ada yang mengganggu.

Selain itu juga hindari multi tasking atau mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu. Lebih baik mengerjakan satu tugas dulu sampai tuntas lalu ganti ke tugas lain agar merasa puas dengan selesainya suatu tugas. Sebelum mengerjakan tugas yang lain ada baiknya istirahat dulu sebentar untuk merefresh badan dan pikiran.

5. Sedang mengalami kecemasan atau depresi

Menunda pekerjaan bisa merupakan gejala dari hal yang lebih serius, misalnya gangguan kecemasan, depresi, sulit untuk fokus seperti pada orang dengan ADHD. Jika hal itu sampai mengganggu kualitas hidupmu misalnya mengganggu pekerjaan atau kehidupan sehari-hari maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater.

6. Sulit fokus dan mudah bosan

Menunda pekerjaan bisa merupakan gejala dari hal yang lebih serius, misalnya gangguan kecemasan, depresi, sulit untuk fokus seperti pada orang dengan ADHD. Jika hal itu sampai mengganggu kualitas hidupmu misalnya mengganggu pekerjaan atau kehidupan sehari-hari maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater.

Add a Comment