Begini Cara Merawat Tanaman Hias Pada Musim Hujan

PrimaBerita – Selain bersepeda, merawat tanaman hias pada masa pandemi. Namun saat ini musim hujan tentu saja ada cara merawat tanaman hias pada musim ini.

Tanaman hias merupakan tanaman yang bentuk dan warnanya indah untuk menjadi hiasan dalam rumah atau lura rumah. Untuk itu banyak orang menggemari merawat tanaman ini.

Namun, untuk menjaga keasrian dan nutrisi tanaman, terkadang seseorang harus berhadapan dengan cuaca, salah satunya hujan. Minimnya paparan cahaya matahari sebagai salah satu sumber energi membuat kolektor tanaman hias memutar otak.

Berikut Cara Merawat Tanaman Hias Pada Musim Hujan

1. Kandungan air hujan baik untuk tanaman

Air hujan mengandung unsur kimia yang lebih ramah lingkungan, lebih ramah pada tumbuhan. Air hujan memiliki kandungan oksigen lebih banyak daripada air ledeng.

Dengan begitu, paparan air hujan akan membuat tanaman hias bernafas lebih baik. Tanaman yang terpapar air hujan juga memiliki kemampuan menyerap karbondioksida yang lebih baik, sehingga proses fotosintesis bisa berlangsung lebih baik.

Maka dari itu, ada baiknya sesekali membiarkan tanaman Anda tersiram air hujan. Hal tersebut juga mampu menyapu zat-zat kimia yang mungkin ada pada tanaman Anda, yang datang dari pupuk atau bahkan air ledeng.

2. Hujan bisa membuat ‘penyakit’ tanaman menular

Sebuah penelitian di University of Western Australia menyebut bahwa hujan bisa jadi salah satu faktor penyebaran penyakit di sebuah ekosistem tanaman.

Ketika hujan turun dan tetesan air memantul dari daun suatu tanaman ke tanaman lain, amat mungkin air hujan membawa zat kimia yang mungkin penyakit ke tanaman lain. Penelitian tersebut menyebut penyebaran penyakit saat hujan turun bisa menjangkau radius 10 meter.

Untuk itu, jika Anda ingin memberi tanaman Anda terapi hujan, baiknya tidak sekaligus banyak tanaman. Hal tersebut bisa anda lakukan bergantian apalagi saat musim hujan tiba.

3. Jangan Biarkan Lama pada Air Hujan

Memang benar kandungan oksigen pada air hujan baik untuk tanaman. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan durasi tanaman Anda tersiram air hujan.

Pada dasarnya, dampak kelebihan air akan sama saja dengan dampak menyiram air berlebihan. Konsumsi air berlebih bisa mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Ketika akar tanaman terus menerus menyerap air, sel-sel dalam tubuh tanaman akan ‘terlalu kenyang’ dan mati.

Selain soal air, membiarkan tanaman hias terlalu lama di luar saat hujan juga berarti membiarkan tanaman berada pada suhu udara yang kurang baik. Tanaman seperti makhluk hidup lainnya, yang membutuhkan kehangatan untuk tubuhnya.

Pada dasarnya, perkembangan tanaman amat ditunjang dengan konsistensi suhu tempat mereka berada. Jadi, perubahan cuaca ekstrem, apalagi dengan durasi yang panjang juga mampu berdampak negatif pada tanaman.

Add a Comment