Begini Cara Mengetahui Golongan Darah

Begini Cara Mengetahui Golongan Darah

PrimaBerita – Biasanya untuk mengetahui jenis golongan darah, seseorang dapat melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau ke klinik. Tes golongan darah berlangsung dengan cara mengambil sedikit darah sebagai sampel kemudian mencampurkannya dengan antigen darah untuk memastikan golongan darah.

Untuk mengetahui golongan darah, butuh sedikit sampel darah. Untuk melakukan hal ini nantinya tenaga medis akan menggunakan jarum agar dapat mengambil sampel darah melalui ujung jari. Kemudian setelah proses pengambilan sampel darah berhasil maka bekas tusukan jarum akan ditutup dengan plester.

Tenaga medis selanjutnya akan mencampur sampel darah tersebut dengan antigen tipe A dan B. Pemeriksaan sampel ini untuk melihat penggumpalan sel darah. Apabila sampel darah saling menempel dan menggumpal itu artinya darah bereaksi terhadap salah satu antigen.

Baca Juga: Golongan Darah O Rentan Virus Corona, Cek Faktanya!

Sementara bagian cair tanpa sel (plasma) dari darah akan bercampur dengan golongan darah A dan B. Untuk golongan darah A mempunyai antibodi anti-B sedangkan untuk golongan darah B memiliki antibodi-A. Jika mengandung kedua jenis antibodi maka golongan darah tersebut merupakan golongan darah O. Pun dengan golongan darah lainnya yakni AB tidak memiliki keduanya.

Pemeriksaan rhesus juga biasanya berlangsung secara bersamaan saat melakukan tes golongan darah. Adapun yang menjadi metodenya yaitu dengan mencampur antigen D terhadap sampel darah.

Nah cara-cara tersebut dapat menentukan golongan darah seseorang secara akurat. Karena mengetahui jenis golongan darah itu penting. Sebab apabila anda memerlukan transfusi darah maka anda akan mendapatkan jenis golongan darah yang sesuai dengan yang anda miliki.

Namun dalam melakukan atau menerima transfusi darah juga tidak boleh berlangsung secara sembarangan. Pasalnya menerima darah yang tidak sesuai dengan jenis golongan darah mampu memicu reaksi imunitas tubuh yang berbahaya. Oleh karena itu bila terdapat reaksi dari hasil transfusi darah seperti demam, nyeri pada anggota tubuh tertentu, kemunculan ruam dan gatal-gatal sebaiknya periksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Add a Comment