Begini Cara Mengatasi Jerawat dengan Teh Hijau

PrimaDaily – Mengatasi jerawat bisa anda lakukan dengan cara menggunakan teh hijau. Jika membahas masalah jerawat tentu saja ada cara untuk mengobatinya. Teh hijau bisa jadi salah satu pilihan obat alami untuk anda.

Melansir dari Healthline, penelitian menemukan, konsumsi atau aplikasi topikal teh hijau dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan dan iritasi pada kulit yang penyebabnya adalah jerawat.

Teh hijau mengandung senyawa yang katekin. Senyawa polifenol ini bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibiotik. Senyawa ini juga bisa melawan paparan radikal bebas pada tubuh.

Teh hijau juga kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), jenis polifenol yang terbukti dapat mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Kandungan ini juga dapat menurunkan kadar lipid dan bersifat anti-androgenik sehingga efektif mengurangi ekskresi sebum (minyak) pada kulit. Tubuh secara alami memproduksi Androgen.

Kadar androgen yang tinggi merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum dalam jumlah berlebih. Sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri hingga menyebabkan jerawat hormonal. EGCG membantu memutus siklus tersebut.

Berikut Cara Mengatasi Jerawat dengan Teh Hijau

Masker teh hijau

Keluarkan daun dari satu atau dua kantung teh dan basahi dengan air hangat. Campur daun dengan madu atau gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut pada area wajah yang rawan berjerawat. Biarkan masker teh hijau selama 10-20 menit, kemudian bilas.

Jika Anda menginginkan masker yang lebih kental, tambahkan 1/2 sdt baking soda ke dalam campuran. Namun, perlu anda ingat bahwa baking soda dapat menghilangkan minyak alami dari kulit dan bisa menyebabkan iritasi. Oleskan masker teh hijau dua kali dalam sepekan untuk hasil terbaik.

Face mist teh hijau

Seduh teh hijau dan dinginkan. Isi botol spray dengan teh hijau yang telah anda dinginkan tadi. Semprotkan secara lembut pada kulit dalam kondisi bersih. Biarkan wajah mengering selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air.

Cara lain, Anda bisa juga menggunakan kapas untuk mengoleskan teh hijau dingin ke area wajah. Gunakan face mist teh hijau ini dua kali dalam sepekan.

Anda juga bisa rutin meminum tiga gelas teh hijau dalam sehari, baik dalam kondisi panas atau dingin. Racik teh hijau sendiri dalam rumah dan hindari minuman teh hijau kemasan yang telah melalui proses pengolahan.

Sumber artikel: Primadaily.comBegini Cara Mengatasi Jerawat dengan Teh Hijau.

Add a Comment