Apa Itu Fitur NFC dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

apa itu nfc

PrimaBerita – Meski sudah banyak perangkat smartphone yang memakainya, akan tetapi sebagian orang masih belum mengetahui apa itu fitur NFC. NFC ini adalah fitur yang membuat smartphone memiliki keunggulan tersendirinya dalam mengakses perangkat lain, seperti halnya bluetooth.

Apa Itu Fitur NFC?

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan NFC. Padahal sebelum menggunakannya, ada baiknya seseorang memang harus tahu terlebih dahulu apa itu NFC.

NFC (Near Field Communication) atau protokol komunikasi jarak dekat adalah bentuk komunikasi nirkabel jarak pendek yang memiliki antena lebih pendek daripada gelombang sinyal operator. Pada jarak dekat, antena tersebut dapat menghasilkan medan magnetik.

Pada tahun 1983, Charles Walton telah mematenkan fitur NFC yang pada dasarnya sendiri merupakan pengembangan lebih lanjut dari penemuan yang lebih dulu, yakni Radio Frequency Identification.

Adapun yang menjadi fungsi dari NFC (Near Field Communication) ini antara lain sbb.

  • Transfer Data

Fungsi yang pertama dari NFC yaitu memungkinkan pengguna melakukan transfer data atau file dari sebuah perangkat ke perangkat lainnya yang juga terdukung teknologi NFC dalam waktu singkat tanpa memerlukan kabel. Cara mentransfer data melalui NFC:

1. Masuk ke menu pengaturan dan pilih aktifkan NFC.

2. Plih file yang akan anda kirim dan klik tahan hingga muncul menu baru. Setelah itu pilih ‘share’ atau ‘send’.

3. Pilih menu melalui atau android beam. Kemudian dekatkan android anda dan tunggu laporan pengiriman selesai.

  • Sebagai Alat Pembayaran Digital

Fungsi NFC selanjutnya yaitu bisa sebagai alat pembarayan cashless. Untuk memanfaatkan fitur ini caranya cukup mudah yaitu dengan mendekatkan perangkat ke sebuah alat transaksi tertentu. Nantinya NFC akan menampilkan data-data untuk kegiatan transaksi. Atau lakukan langkah sebagai berikut:

1. Buka menu pengaturan dan pilih menu connection.

2. Geser tombol NFC and payment lalu pilih tap and pay.

  • Untuk Mencek Saldo Kartu E-Tol dan Sejenisnya

Dengan menggunakan fitur NFC, pengguna bisa mengecek saldo e-tol maupun kartu e-money. Selain itu pengguna juga bisa mengisi saldo tersebut tanpa harus repot lagi mendatangi tempat-tempat yang bisa mengisi saldo. Atau lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka menu pengaturan pada ponsel cerdas android, lalu pilih NFC.

2. Buka aplikasi terkait dan tempelkan kartu pada bagian belakang smartphone.

Add a Comment