Amankah Mengonsumsi Jamu Setiap Hari?

Amankah Mengonsumsi Jamu Setiap Hari?

PrimaBerita – Mungkin bagi sebagian orang mengonsumsi jamu setiap hari sudah menjadi bagian dari kebiasaan. Sebab minuman yang terdiri dari bahan-bahan alami ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu bahkan diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Namun meski demikian, saat mengonsumsi jamu haruslah memperhatikan dosis serta cara yang tepat.

Lalu bolehkah mengonsumsi jamu setiap hari?

Berdasarkan data Riset Kesehatan Data pada tahun 2013, sekitar 60% penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun pernah mengonsumsi jamu. Kemudian 95% dari mereka yang mengonsumsi jamu telah merasakan manfaatnya. Selain itu sekitar 30% rumah tangga Indonesia telah mengonsumsi ramuan jamu yang juga dipercaya bisa sebagai pengobatan tradisional. Ini bisa mengindikasi bahwa minuman jamu sudah seperti menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia.

Pada dasarnya jamu boleh dikonsumsi setiap hari asalkan tidak berlebihan. Direktur pelayanan kesehatan tradisional Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes lewat sebuah wawancara mengatakan bahwa jamu dapat membantu stamina. Tetapi jika seseorang mengalami suatu kondisi penyakit tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jamu.

Khasiat Jamu

Secara spesifik, manfaat minum jamu itu cukup beragam. Berikut khasiat jamu sesuai dengan bahan dasarnya.

1. Kunyit

Selain mengandung berbagai mineral penting, kunyit mengandung kurkumin yang efektif dalam menyembuhkan peradangan kronis, nyeri, hingga sindrom metabolik. Pun demikian meski mengonsumsi kunyit aman sebagai obat akan tetapi sebaiknya hindari pengonsumsian yang berlebihan. Karena justru bisa menyebabkan sakit kepala maupun iritasi kulit.

2. Kencur

Selain kunyit, kencur kerap muncul dalam pembuatan jamu. Misalnya jamu beras kencur. Hal ini karena khasiat kencur bisa mengobati penyakit tertentu. Kencur mampu mengurangi peradangan, mengobati infeksi, bahkan meningkatkan kesuburan pria.

3. Jahe

Rempah yang satu ini juga memiliki sejumlah manfaat yang sangat berguna bagi tubuh dan kesehatan manusia. Oleh karena itu jahe sering juga menjadi salah satu bahan dasar pembuatan jamu. Adapun efek samping yang bisa timbul dari mengonsumsi jahe secara berlebihan yaitu sakit perut serta mulas.

Add a Comment