Agar Awet, Begini Cara Merawat Perabot Rumah Tangga

PrimaDaily – Mengetahui cara merawat perabot rumah tangga sangat penting, karena hal tersebut akan membantu anda untuk mengurangi biaya karena perabot yang lama masih bisa anda gunakan.

Perabot rumah tangga seperti lemari es, mesin cuci, oven, dan AC. Menjaga sederet perabot rumah tangga tersebut berfungsi maksimal otomatis memerlukan perawatan.

Berikut Cara Merawat Perabot Rumah Tangga

Lemari Es

Lakukan pembersihan lemari es setiap satu bulan sekali. Selain untuk menjaga higenitas, tindakan ini juga membantu mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu segera anda olah atau anda konsumsi. Hal penting lain adalah tak mengisi lemari es secara berlebihan.

Pasalnya, mengisi kulkas secara berlebihan membuat perabot rumah tangga tak bekerja secara maksimal. Hal itu bisa berakibat pada penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan.

Mesin Cuci

Hindari meletakkan mesin cuci dalam kamar mandi. Karena lingkungan yang lembab membuat mesin cuci mudah korsleting sehingga membahayakan keamanan pengguna.

Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak bagian drumnya. Pembersihan tabung, laci deterjen dan filter mesin cuci perlu anda lakukan secara teratur.

Oven

Bersihkan oven secara rutin dari sisa makanan yang menempel pada bagian dalam dan luar. Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang anda gunakan. Jangan sampai membuat masakan yang anda olah terkontaminasi bau gas karena regulator tak terpasang dengan baik.

AC

Sementara itu, AC jadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya. Selain memerhatikan luas ruangan, perlu juga pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari.

Hal ini agar kerja AC tak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan. AC perlu dibersihkan minimal tiga bulan sekali agar tetap bekerja dengan baik.

Sumber artikel: Primadaily.comAgar Awet, Begini Cara Merawat Perabot Rumah Tangga.

Add a Comment