5 Situs Ini Bisa Cek Data Pribadi Anda Bocor di Internet

Situs Cek Data Pribadi Bocor

PrimaBerita – Jika anda ingin mengetahui data pribadi anda bocor di internet anda bisa cek pada beberapa situs ini. Semakin banyaknya pengguna internet, maka semakin banyak pula kejahatan atau penyalahgunaan yang terjadi.

Saat peretas mencuri data pribadi korban, seringkali korban tidak sadar. Data pribadi berupa email, kata sandi, hingga nomor ponsel.

Setelah peretas telah melancarkan serangan untuk mengambil alih akun media sosial hingga melakukan pengurasan rekening korban. Maka korban akan menyedarinya data pribadinya telah ada yang mengambil.

Untuk menyadari pencurian data pribadi sebelum terjadi serangan, seseorang bisa melakukan pengecekan tersebut.

Berikut 5 Situs Cek Data Pribadi Anda Bocor di Internet

1. Avast

Anda bisa memeriksanya pada avast.com, situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Caranya, akses situs berikut: https://www.avast.com/hackcheck/.

Pada email, Avast akan melaporkan berapa kali password email Anda bocor. Avast juga menginformasikan email Anda bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga berbagau layanan e-commerce.

2. Periksa Data

Pendiri komunitas ethical hacker, Teguh Aprianto mengklaim berhasil membuat situs yang dapat mendeteksi data seseorang bocor atau tidak. Website yang dilengkapi tools khusus ini dinamai periksadata.com.

Anda tinggal memasukkan email pada kolom yang tersedia. Situs itu akan langsung memberikan informasi mengenai data milik Anda, apakah pernah bocor atau tidak.

3. Have I Been Pwned

Have I Been Pwned bekerja untuk melacak pelanggaran yang menggunakan email Anda. Serupa dengan Avast, Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan situs akan melakukan pengecekan apakah email Anda terancam.

Untuk pelanggaran yang lebih sensitif, situs https://haveibeenpwned.com/, bisa memberi layanan tersebut, namun terelebih dahulu anda harus mendaftar pada situs ini.

4. Firefox Monitor

Situs cek peretasan besutan peramban Firefox dengan alamat https://monitor.firefox.com/ ini memungkinkan pengguna untuk mengecek apakah email dan kata sandi telah bocor. Sama seperti situs cek peretesan pada umumnya, Anda tinggal memasukkan email Anda.

Pada situs ini, Anda juga bisa langsung melakukan pengecekan ke akun Anda secara spesifik. Ada tinggal pilih navigasi ‘Breaches’ sebelah ‘Home’.

Kemudian anda bisa melihat kebocoran-kebocoran yang dialami oleh layanan digital mulai dari e-commerce hingga dompet digital.

5. DeHashed

DeHashed tidak hanya bisa memeriksa apakah email Anda bocor atau tidak. Situs https://www.dehashed.com/ ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah identitas nama Anda muncul pada daftar yang telah teretas.

Anda juga dapat melihat kata sandi Anda ada pada daftar akun mana saja. Akan tetapi untuk akses yang lebih mudah, Anda harus berlangganan pada situs ini.

Add a Comment