5 Fakta Kesehatan Minum Kopi Pagi Hari

Fakta Kesehatan Minum Kopi Pagi Hari

PrimaBerita – Fakta kesehatan soal minum kopi pada pagi hari. Sudah menjadi kebiaasaan banyak orang untuk meminum kopi pada pagi hari. Minum kopi pada pagi hari memang banyak manfaatnya.

Kandungan kafein dalam kopi berguna untuk membangkitkan energi. Namun, minum kopi bukan sekedar kebiasaan. Ada manfaat sehat sekaligus efek negatif juga jika dikonsumsi berlebihan.

Faktor kesehatan tersebut berkaitan dengan waktu yang tepat minum kopi, racikan, hingga porsi yang aman. Jika itu dilakukan dengan takaran dan waktu yang tepat maka akan mendapat khasiat sehatnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 Fakta Kesehatan Minum Kopi Pagi Hari

1. Waktu yang Tepat Minum Kopi

Banyak orang yang mengawali pagi dengan langsung mengonsumsi kopi. Sebaiknya jangan terburu-buru agar bisa mendapatkan khasiatnya.

Menurut pakar teknologi Jakse Knapp dan John Zeratsky waktu yang tepat minum kopi adalah pukul 09.30, lapor The Daily Meal.

Namun, penelitian lain menyebut bahwa waktu yang tepat untuk minum kopi adalah satu jam setelah bangun tidur. Penelitian tersebut terbit pada National Center for Biotechnology Information.

Para peneliti mengatakan saat bangun tidur, tubuh sedang memproduksi kortisol dalam jumlah yang tinggi. Kortisol merupakan hormon yang bisa membuat stres dan tegang.

Lebih lanjut, mereka juga menganjurkan untuk mengatur waktu paling lambat untuk minum kopi. Pasalnya kafein pada kopi membutuhkan waktu sekitar lima hingga enam jam untuk bekerja.

2. Minum Kopi Setelah Sarapan

Minum kopi sebelum sarapan masih menjadi kebiasaan setiap orang. Hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Menurut Peneliti dari University of Bath, minum kopi sebelum sarapan bisa mengganggu kontrol gula darah dalam tubuh.

Apalagi sebelumnya tubuh tidak mengonsumsi apapun karena tidur. Sebaiknya sarapan terlebih dulu sebelum minum kopi.

3. Efek Minum Kopi saat Perut Kosong

Ada banyak alasan mengapa minum kopi dalam perut kosong tidak dianjurkan. Alasan tersebut berkaitan dengan efek samping yang mengganggu kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah bisa meningkatkan kortisol atau hormon stres yang biasanya muncul pad apagi hari. Selain itu, menurut Dokter Rosenblum minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa merusak kesehatan usus hingga meningkatkan detak jantung.

Jika itu tersedia bisa berakhir dengan munculkan gejala kecemasan yang membuat seseorang menjadi gelisah, gemetar dan mengubah suasana hati.

4. Porsi yang Aman

Minum kopi juga ada batasan. Terlalu banyak minum kopi sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Lantas berapa porsi aman minum kopi dalam sehari?

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan seseorang dengan kebiasaan minum enam cangkir kopi dalam sehari berisiko terkena penyakit jantung sebanyak 22%.

5. Tips Sehat Racik Kopi

Tips sehat meracik kopi adalah seduh kopi menggunakan kertas filter yang bisa menurunkan jumlah cafestol.

Kopi yang diseduh biasanya mengandung cafestol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, pilihlah biji kopi organik yang tidak disemprot pestisida. Hindarilah penggunaan gula yang terlalu banyak. Termasuk pemakai pemanis lainnya seperti susu kental manis atau madu.

Jika ingin meningkatkan cita rasa kopi, bisa menambahkan kayu manis. Selain bisa membuat kopi lebih enak juga bisa menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Add a Comment