Yuk Kenali Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

penyakit ginjal stadium awal

PrimaBerita – Gejala penyakit ginjal stadium awal memang perlu untuk diperhatikan secara seksama dan bahkan jangan diabaikan. Sehingga dengan demikian anda perlu memahami terlebih dulu apa saja yang menjadi gejala penyakit ginjal stadium awal agar anda dapat mewaspadainya.

Penyakit ginjal kronis atau penyakit ginjal adalah sebuah gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal hingga kepada tahap gagal ginjal. Ginjal yang berfungsi dalam menyeimbangkan cairan juga dapat melepaskan hormon pengatur tekanan darah. Selain itu fungsi ginjal juga mampu mengontrol produksi sel darah merah serta dapat menghasilkan formula aktif pembentuk vitamin D.

Penyakit Ginjal Stadium Awal

Menurut informasi Medical News Today, gangguan terhadap fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan limbah dan cairan berbahaya yang terdapat dalam tubuh manusia. Sehingga berdasarkan tingkat kerusakannya, penyakit ginjal kronis terbagi ke dalam 5 tahapan stadium.

Dan dalam setiap tahapan tersebutlah menujukkan kemampuan ginjal dalam menyaring limbah serta cairan dalam tubuh. Pengukuran indikasi bisa dengan perkiraan laju filtrasi glomerulus atau estimated glomerular filtration rate (eGFR).

Untuk besaran angkanya sendiri terlihat saat melakukan tes darah kreatinin guna menakar sedikit banyaknya limbah dalam darah seseorang. Pada pengidap penyakit ginjal stadium awal, angkanya sudah lebih dari 90.

Begitupun, fungsi ginjal masih dalam menyaring limbah masih tetap berjalan meski gejala penyakit ginjal mulai muncul. Namun ketika seseorang sudah berada dalam kondisi stadium akhir atau stadium 5 maka ginjal sudah sama sekali tak berfungsi lagi.

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Untuk gejalanya sendiri terdiri dari beberapa gejala antara lain:

1. Tekanan darah tinggi

2. Hasil uji darah kreatinin maupun blood urea nitrogen yang berfungsi untuk menujukkan kadar limbah dalam tubuh berada pada kisaran normal

3. Air dalam urin berbuih

4. Terjadi pembengkakan pada area sekitar mata, tangan, atau bahkan kaki

5. Sering buang air kecil terutama pada malam hari

6. Kesulitan buang air kecil maupun timbul rasa nyeri ketika sedang buang air kecil

7. Hasil pengukuran fungsi ginjal berdasarkan perkiraan laju filtrasi glomerulus yaitu kurang dari angka 60

Add a Comment