Upaya Pencegahan Covid-19 Bagi Usia Lansia Pada Klaster Keluarga

Upaya Pencegahan Covid-19 Bagi Usia Lansia Pada Klaster Keluarga

PrimaBerita – Pada klaster keluarga, perlu memperhatikan beberapa upaya pencegahan covid-19 bagi usia lansia yang rentan terserang virus corona. Selain karena kondisi fisik lansia yang mulai mengalami pelemahan, klaster keluarga kini juga telah menjadi salah satu perhatian utama penularan virus corona pada masa pandemi.

Maka dengan demikian berikut beberapa upaya pencegahan covid-19 bagi usia lansia (lanjut usia) pada klaster keluarga yang perlu kita ketahui bersama.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan itu penting oleh karena itu terapkanlah pola hidup bersih dan sehat pada lingkungan rumah anda, terutama dalam rumah. Meski dalam rumah, anda juga perlu rajin mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Pastikan juga bahwa orangtua lansia mengonsumsi obat harian secara teratur jika sedang sakit.

Menjaga Jarak

Jagalah jarak anda dengan orangtua yang sudah berusia lanjut terutama bagi anda yang kerap bepergian ataupun beraktivitas ke luar rumah. Pun dengan orangtua lansia, cobalah untuk menjaga jarak aman dulu untuk sementara waktu dengan anggota keluarga yang memiliki gejala seperti flu. Disarankan agar orang yang memiliki gejala untuk mengenakan maskernya meski di dalam rumah.

Jaga Emosi

Sebagai anak atau anggota keluarga yang tinggal satu atap dengan orang yang sudah berusia lanjut, cobalah untuk selalu mengajak orangtua dalam mengontrol emosinya agar tetap optimis terlindungi dari ancaman covid-19. Hindari lansia dari rasa depresi maupun stres dan pastikan lansia melakukan sesuatu yang menyenangkan saat harus berada dalam rumah untuk suatu waktu yang masih belum tahu secara pasti kapan berakhirnya wabah.

Jaga Kontak Sosial

Bagi anda yang sudah berusia lanjut, cobalah untuk menghindari sementara waktu sejumlah aktivitas keramaian. Misalnya tidak pergi ke arisan, reuni, maupun rekreasi. Anda cukup berdiam saja dulu dalam rumah. Namun bila sangat mendesak anda mungkin bisa memanfaatkan gadget untuk melakukan panggilan video atau video call dengan orang yang hendak anda jumpai tersebut.

Pun demikian, hindari pula untuk menerima tamu jika anda rasa kurang perlu. Tetapi jika memang harus, pastikan bahwa tamu anda tetap menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke rumah anda.

Cukupi Kebutuhan Tidur

Upayakan orangtua lansia mendapatkan istirahat yang baik dan cukup setidaknya 6 sampai 8 jam sehari. Sebab hal ini juga bisa menjadi salah satu usaha dalam mencegah virus corona (covid-19) pada klaster keluarga.

Add a Comment