Tips Memasak Lobster Biar Rasanya Mantap!

Tips Memasak Lobster

PrimaBerita – Agar rasanya semakin mantap ada beberapa tips memasak lobster yang perlu anda ketahui. Sebab makanan laut yang cukup populer ini juga terkenal dengan makanan premium karena harganya pun cukup mahal. Sehingga cara memasaknya pun tidak boleh sembarang.

Nah supaya tidak salah dalam mengolahnya, berikut tips memasak lobster.

Rebus Sebentar

Lobster sebaiknya rebus sebentar sebelum mengupas kulit/cangkang. Lebih umum, teknik ini disebut juga dengan parboiled yaitu merebus bahan masakan dan tidak sampai matang. Proses parboiled dapat membuat daging lobster lebih mudah terlepas dari cangkang sehingga lebih mudah juga untuk memotong dan mengolahnya.

Untuk melakukannya, anda hanya perlu mendidihkan air secukupnya lalu masukkan lobster secara perlahan. Anda bisa merebusnya selama 6 sampai 8 menit, bila timbangan lobster berbobot 500 gram.

Cara Membelah Lobster

Proses ini memang agak sulit karena bila salah daging lobster bisa saja hancur, sehingga membuat anda susah dalam mengolahnya. Jadi hal yang boleh anda lakukan yakni meletakkan lobster dalam talenan setelah mendingin dan memotong bagian kepala terlebih dulu. Tusuk bagian kepala dengan ujung atas pisau lalu teruskan membelah hingga ke bagian bawah dan bagian lainnya. Sementara itu pisau yang anda gunakan juga harus tajam dan besar.

Mengolah Lobster Setelah Terpotong

Menjadikan lobster menjadi lobster rebus merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati lobster. Sebab anda bisa merasakan sensasi daging lobster yang lembut tanpa balutan bumbu. Namun bila anda pecinta kuliner, lobster juga bisa anda jadikan sebagai lobster panggang maupun olahan lainnya. Anda bisa melihat resep sederhana berikut ini.

Resep Lobster Saus Lada Hitam

Kebutuhan bahan:

– 6 ekor lobster

– 1/2 kilogram udang besar

– 1 sdt lada bubuk

– 1 buah bawang bombay

– 5 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 7 sdm saus sambal

– 1 buah tomat

– 2 sdm saus tomat

– 1 butir cabai merah

– 3 batang daun bawang

– 2 sdm kecap manis

– Penyedap (bila perlu)

– Garam secukupnya

Cara Membuat Lobster Saus Lada Hitam

1. Irislah tipis semua jenis bawang, cabai, serta iris juga daun bawang menjadi 4 bagian saja. Untuk tomat anda perlu membelahnya menjadi 6 bagian.

2. Setelah itu tumislah bawang merah hingga harum lalu tambahkan bawang putih dan setengah irisan bawang bombay. Setelah itu masukkan irisan cabai. Aduk-aduk sebentar dan tuangkan saus sambal, kecap, dan saus tomat. Masukkan air secukupnya beserta lobster dan udang berukuran besar.

3. Tambahkan lada. Koreksi rasa setelah menambahkan garam dan penyedap masakan seperlunya. Sisa irisan bawang bombay, tomat, dan daun bawang juga anda tambahkan ke dalam masakan. Masaklah sampai kuah terlihat kental dan meresap ke dalam lobster dan udang.

4. Lobster lada hitam siap anda sajikan.

Add a Comment