Tanpa Disadari, Ini 5 Tanda Anda Sudah Ketagihan Media Sosial

PrimaBerita – Bagi beberapa orang media sosial sudah menjadi hal yang wajib untuk mereka lihat. Apalagi semakin maraknya media sosial, mulai dari Facebbok hingga Instagram.  Namun ada beberapa tanda bahwa anda sudah ketagihan menggunakan media sosial.

Tanpa anda sadari, anda sudah terjebak dalam social media addiction yang tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan keseimbangan kehidupan sosial anda.

Berikut 5 tanda anda sudah ketagihan media sosial :

Cemas Saat Tidak Bisa Mengakses Media Sosial

Jika anda pernah cemas saat sinyal atau koneksi internet anda melambat, itu merupakan tanda ketergantungan yang cukup akut. Karena muncul sensasi keinginan untuk selalu mengakses dan membuka media sosial kapanpun dandimanapun.

Mengganggu Waktu Kerja

Beberapa tempat kerja memiliki kebijakan penggunaan akses telepon dan internet ketat yang mencegah karyawan mengakses media sosial. Namun, ada pula yang memberikan akses sebebas-bebasnya.

Namun, mereka yang memiliki kecenderungan untuk ketagihan mengakses media sosial akan cenderung mengabaikan pekerjaan karena waktu sudah ia habiskan untuk scrolling pada media sosial favoritnya.

Langsung Memeriksa Ponsel Saat Ada Notifikasi

Pemberitahuan memicu pelepasan kecil dopamin di otak. Ini adalah “zat kimia pembawa kebahagiaan” yang membuat anda merasa seperti mendapatkan sebuah hadiah. Dopamin adalah elemen utama dalam kebanyakan kecanduan yang bekerja pada kebiasaan merokok. Terkadang, anda juga merasa atau melihat seakan-akan layar smartphone-mu menampilkan notifikasi baru, padahal kenyataannya tidak.

Sering Menghitung Berapa Banyak Suka yang Anda Dapatkan

Apakah anda suka me-refresh laman postingan anda untuk melihat seberapa banyak likes dan komentar baru yang didapatkan? Ini sekali lagi menunjukkan kecanduan media sosial. Anda cenderung “mengejar yang popularitas” dengan selalu mengharapkan adanya komentar dan respon dari orang-orang sekitar saat mengunggah sesuatu.

Memeriksa Akun Media Sosial Saat Bangun dan Sebelum Tidur

Layar ponsel anda dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam beristirahat. Itulah mengapa para ahli menyarankan untuk tidak melihat ponsel setidaknya 30 menit sebelum tidur untuk rutinitas tidur yang optimal. Hal ini juga berlaku untuk 30 menit awal bangun tidur. Jika anda memeriksa ponsel tepat saat bangun dan tepat sebelum tidur, itu menandakan media sosial berada di urutan teratas dalam daftar prioritas hidup anda.

Add a Comment