Tanda-Tanda Seseorang Akan Bunuh Diri dan Faktor Pemicunya

Tanda-Tanda Seseorang Akan Bunuh Diri

PrimaBerita – Jika seseorang akan melakukan pencobaan bunuh diri biasanya akan menunjukkan tanda-tanda.  Tanggal 10 September setiap tahunnya memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri.

Seluruh dunia memperingati hari tersebut untuk mencegah upaya bunuh diri. Internasional Association for Suicide Prevention (IASP) mencatat ada lebih dari 300 upaya percobaan bunuh diri yang terjadi pada 70 negara di dunia.

Keluarga memiliki peran yang paling penting utnuk mencegah bunuh diri. Ada beberapa tanda yang umumnya seseorang saat terlintas pikiran tentang bunuh diri.

Berikut tanda-tanda seseorang akan bunuh diri, mengutip situs kesehatan Mayo Clinic.

1. Berbicara tentang bunuh diri seperti membuat pernyataan ‘Seandainya aku meninggal dunia’ atau ‘Seandainya aku tidak dilahirkan’.

2. Menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri.

3. Memiliki suasana hati yang berubah-ubah.

4. Disibukkan dengan pikiran tentang kematian.

5. Merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

6. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

7. Pola makan dan tidur yang berubah.

8. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri.

9. Membereskan urusan-urusan yang belum selesai secara tiba-tiba.

10. Mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang sekitarnya.

11. Mengalami kecemasan dan kegelisahan akut.

Jika Anda mendapati orang-orang d! sekitar memperlihatkan beberapa tanda tersebut, segera-lah lakukan langkah pencegahan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya bunuh diri, di antaranya:

  • Gangguan bipolar
    Orang yang memiliki gangguan bipolar akan mengalami perubahan mood yang sangat drastis. Yang tadinya merasa sangat gembira dan bersemangat, mendadak bisa berubah menjadi sedih, tidak bersemangat, dan bahkan depresi.
  • Depresi berat
    Ada berbagai macam penyakit depresi, mulai dari yang berat hingga yang ringan. Ciri-ciri orang yang mengalami depresi berat adalah merasa putus asa, suasana hati yang buruk, merasa lelah, atau kehilangan minat dan motivasi dalam hidup.
  • Anoreksia nervosa
    Menjauhi makanan sebisa mungkin dan selalu berbohong bahwa mereka tidak lapar atau sudah makan, itulah tanda-tanda pengidap anoreksia nervosa. Penderita gangguan makan ini merasa gemuk, sehingga membuat mereka terus-menerus menurunkan berat badan.
  • Gangguan Kepribadian Ambang
    Gangguan ini disebut juga borderline personality disorder (BPD). Tanda utama seseorang memiliki gangguan kepribadian ambang adalah sering menyakiti diri sendiri. Tanda lainnya adalah emosi yang tidak stabil dan terkadang kesulitan dalam bersosialisasi.
  • Skizofrenia
    Sering berhalusinasi, perubahan perilaku atau percaya kepada hal-hal yang tidak benar adalah tanda-tanda orang dengan skizofrenia.

Add a Comment