Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh yang Jarang Disadari

Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh

PrimaBerita – Tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang dapat terlihat dari aktivitas kesehariaannya. Dan dari melemahnya imun itulah yang bisa membuat orang menjadi tidak semangat dan rentan terkena infeksi. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kekebalan tubuh supaya dapat terhindari dari berbagai ancaman kesehatan.

Menurut lansiran Mind Body Green, seorang ahli imunologi, Randy Horwitz mengatakan ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia, misalnya seperti pola hidup.

“Beberapa kebiasaan atau pola hidup dapat membuat anda rentan terkena infeksi,” kata Randy.

Namun ada beberapa tanda yang bisa anda perhatikan yang merujuk kepada melemahnya sistem kekebalan tubuh, antara lain:

Tidur Tidak Konsisten

Tidur yang tidak konsisten juga dapat menjadi tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu sebaiknya jangan mengabaikan tidur selama 7 – 8 jam setiap malam.

Diare Kronis

Diare kronis juga menujukkan salah satu tanda melemahnya sistem kekebalan. Namun faktor yang mempengaruhi hal ini adalah karena infeksi atau parasit. Sehingga bila tidak mendapat penanganan, penyakit ini dapat menjadi indikator tubuh tidak meningkatkan respons kekebalan yang cukup kuat. Selain itu kondisi ini juga bisa terjadi oleh karena gangguan keseimbangan bakteri usus.

Gampang Masuk Angin

Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), orang dewasa umumnya mengalami 2 hingga 3 kali pilek per tahun namun kondisi ini masih normal. Pun demikian jika seseorang sering masuk angin atau terkena infeksi lainnya seperti infeksi telinga, hal ini menandakan sistem kekebalan tubuh sedang berjuang untuk mengimbanginya. Oleh sebab itu lakukan langkah penanganan yang tepat. Anda perlu mengubah gaya hidup yang mendukung sistem imun seperti mulai mengurangi stres dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Kulit Sering Gatal

Ada penelitian baru yang menyoroti bahwa sistem kekebalan tubuh mempengaruhi jenis mikroorganisme pada kulit.

“Jadi, ketika sistem kekebalan melemah, kulit bisa memunculkan reaksi seperti eksim, infeksi bakteri, jamur, dan virus seperti herpes,” sebut dokter kulit holistik.

Akan tetapi gejala kulit yang memiliki keterkaitan dengan sistem kekebalan juga bisa terjadi oleh karena beberapa hal, misalnya pola makan yang buruk.

Add a Comment